5 Kebiasaan Minum Kopi Ini Ternyata Memicu Penuaan Dini

  • Arry
  • 16 Nov 2022 08:26
Minum kopi(Andrew Neel/unsplash)

Minum kopi bisa membawa semangat dan energi bagi yang meminumnya pada pagi hari. Namun, ada kebiasaan buruk yang sering dilakukan yang ternyata bikin kita cepat tua.

Melansir Eat This, CEO NY Nutrition Group, Lisa Moskovitz, RD, menyatakan ada lima kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat meminum kopi. Kebiasaan ini pun bisa mempercetap proses penuaan dini.

Berikut 5 kebiasaan buruk meminum kopi yang memicu penuaan dini:

1. Lebih pilih minum kopi dibanding sarapan

Moskovitz menyatakan, melewatkan waktu sarapan bisa menyebabkan gizi berkurang. Jika mengganti sarapan dengan menyeruput kopi tentu dapat menyebabkan masalah kesehatan serius hingga mempercepat penuaan diri.

Medical News Today melansir sebuah penelitian, seseorang yang melewatkan sarapan, bisa menyebabkan penurunan kognitif yang lebih banyak dibanding yang memiliki waktu makan seimbang.

Baca juga
Pria Ini Bongkar Cara Hemat Beli Kopi di Starbucks, Bisa Dapat Diskon 50 Persen

2. Menambahkan pemanis ekstra

Seringkali kita menambahkan pemanis dan krim saat menyeruput kopi hitam. Kebiasaan tersebut tentu sangat memengaruhi kesehatan, tergantung seberapa banyak pemanis ditambahkan.

“Penggunaan gula dalam jumlah sedang bukanlah sebuah masalah. Akan tetapi, jika selalu menambahkan paket gula setiap kali membutuhkan, maka itu dapat menumpuk seiring dengan waktu,” kata Moskovitz.

Penelitian yang dilakukan The American journal of clinical nutrition pada 2018 menyatakan mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah tinggi, akan menyebabkan tubuh menjadi lemah. Selain itu, juga berkontribusi pada penuaan kulit seperti merusak kolagen kulit yang menyebabkan berkurangnya elastisitas.

Baca juga
Minum Kopi vs Teh, Mana yang Terbaik Diminum Saat Pagi Hari

3. Lebih banyak minum kopi dibanding air putih

Moskovitz mengingatkan, minum kopi terlalu banyak dibanding air putih dapat menimbulkan dehidrasi pada kulit, pencernaan, tingkat energi, penyerapan nutrisi, dan bahkan persendian.

4. Minum kopi pada malam hari

Moskovitz menyatakan, hindari meminum kopi berdekatan dengan waktu tidur. Jika kamu sudah meminum kopi di pagi hari, maka sebaiknya tidak menyeduh kopi lagi saat hendak tidur.

“Kafein adalah stimulan yang ketika dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur, akan mengganggu istirahat yang cukup. Kurang tidur dapat mendatangkan malapetaka pada pemulihan sistem kekebalan tubuh, suasana hati, energi, metabolisme, dan lain sebagainya,” kata Moskovitz.

5. Menggunakan pemanis buatan

Moskovitz menyatakan, pemanis buatan bisa membuat kecanduan bagi yang menikmatinya.

“Selain tidak mengandung nutrisi, pemanis buatan; seperti sukralosa dan aspartam juga dapat membahayakan kadar insulin dan kesehatan usus, yang akan memengaruhi semua jalur vital dalam tubuh,” ujar Moskovitz.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait