Minum Kopi Saat Perut Kosong, Aman Nggak?

  • Arry
  • 19 Jan 2023 06:34
Minum kopi(Andrew Neel/unsplash)

Minum kopi banyak manfaatnya. Kafein yang terkandung di dalamnya bisa meningkatkan mood dan fungsi otak.

Namun kerap timbul pertanyaan. Apakah boleh meminum kopi saat perut kosong?

Berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry 2010, rasa pahit yang dimiliki kopi memang bisa meningkatkan asam lambung. Hal inilah yang membuat orang percaya kopi bisa menyebabkan perut sakit jika diminum saat belum makan.

Namun hal tersebut belum ada dibuktikan penelitian mana pun.

Baca juga
5 Kebiasaan Minum Kopi Ini Ternyata Memicu Penuaan Dini

Dari jurnal tersebut disebutkan, sekelompok orang yang memiliki lambung sensitif bisa memberikan reaksi seperti jantung berdegup kencang, mual, dan gejala lainnya usai mengonsumsi kopi. Namun gejala tersebut terjadi secara konstan.

Meski demikian, kita tetap terlu memperhatikan gejala yang timbul sehingga bisa menentukan langkah yang tepat bagi kesehatan kita.

Selain itu, meminum kopi juga bisa meningkatkan horon stres alias cortisol. Hormon ini berfungsi meregulasi metabolisme, tekanan darah, dan level gula darah.

Hormon Cortisol biasanya meingkat dalam tubuh saat tertidur dan bangun tidur. Tingginya hormon cortisol bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca juga
Minum Kopi vs Teh, Mana yang Terbaik Diminum Saat Pagi Hari

Namun, berdasar Jurnal Psychosomatic Medicine 2005, masalah tingginya hormon stres cortisol tersebut, tidak disebabkan oleh kopi yang dikonsumsi saat perut kosong.

Meski kopi tidak berdampak bila diminum saat perut kosong atau tidak, kita tetap perlu mengetahui dampak negatif terlalu banyak mengonsumsi kopi. Hal ini lantaran kopi mengandung zat yang aditif.

Terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa menyebabkan anxiety, susah tidur, sampai panic attack. Lebih parah dari itu, kopi juga dapat menyebabkan sakit kepala, migraine, dan darah tinggi bagi sebagian orang. Untuk itu, sebaiknya kita membatasi meminum terlalu banyak kopi dalam satu hari.

Sebab, kekuatan tubuh masing-masing orang untuk menerima kafein tentu berbeda-beda. Sehingga, kita bisa mengonsumsi kopi dengan takaran yang tepat bagi tubuh.

Baca juga: 3 Fenomena Aneh di Arab Saudi: Bersalju, Gunung Menghijau, Kini Muncul Danau di Gurun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait