5 Minuman Pengganti Kopi Untuk Dinikmati Pagi Hari

  • Arry
  • 28 Mei 2023 08:59
Ilustrasi menyeduh kopi(ist/ist)

Kopi kerap menjadi minuman favorit di pagi hari. Sebab, kandungan dalam kopi ini bisa membuat lebih semangat dan fokus dalam menjalani aktivitas.

Namun, bila bosan dengan minum kopi, Anda bisa memilih sejumlah minuman pengganti kopi. Minuan-minuman ini juga tak kalah khasiatnya dengan kopi.

Melansir Healthline, berikut lima minuman pengganti kopi yang bisa dinikmati pagi hari:

1. Kopi chicory

Chichory memiliki rasa mirip dengan kopi. Namun minuman ini tidak mengandung kafein.

Berdasarkan penelitian di jurnal Carbohydrat Polymer, kandungan inulin pada chicory dapat membantu melancarkan penceranaan dan mendorong perkembangan bakteri baik, seperti Bifidobacteria and Lactobacilli.

Selain itu, chicory juga bisa menstimulasi hati untuk memproduksi lebih banyak empedu, yang bermanfaat untuk mencerna lemak.

2. Matcha

Matcha merupakan minuman sejenis teh hijau yang memiliki rasa segar, Minuman ini dibuat dengan cara mengukus, mengeringkan, dan menggiling daun Camellia menjadi berbentuk bubuk halus.

Cara inilah yang yang membuat kita mengonsumsi daun-daun Camelia utuh. Daun Camellia itu juga merupakan sumber berbagai antioksidan yang baik, seperti epigallocatechin gallate (EGCG).

Sejulah studi dalam jurnal Medicine menyebutkan, mengonsumsi teh hijau rutin dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak tubuh sekaligus menurunkan risiko diabetes tipe-2.

3. Golden milk

Golden Milk adalah minuman yang terbuat dari jahe, kayu manis, kuyit, dan lada hitam. Terkadang ada pula yang mencampurkan kapulaga, vanila, dan madu ke dalam minuman ini.

Rempah-rempah tersebut memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Seperti kunyit. Fungsinya bukan hanya untuk memberi warna saja. Tetapi juga memiliki khasiat anti radang yang kuat berkat senyawa kurkumin di dalamnya.

Selain itu lada hitam juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kurkumin dan lemak.

4. Air lemon

Air lemon bisa menjadi alternatif minuman pengganti kopi untuk diminum pada pagi hari. Minuman ini juga kaya vitamin C dan bebas kafein.

Vitamin C ini memiliki fungsi antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, kandungan vitamin C juga penting membentuk kolagen,protein yang diperlukan untuk membentuk struktur dasar kulit, tendon, dan ligamen.

5. Yerba mate

Yerba mate merupakan minuman seperti teh herbal berkafein alami yang dibuat dari daun lex paraguriensis (pohon holly Amerika Selatan) yang dikeringkan.

Jadi, jika masih ingin menikmati minuman berkafein, yerba mate bisa menjadi alternatif pengganti kopi. Rasanya pun sedikit pahit, mirip dengan kopi.

Kandungan kafein di Yerba Mate ini hampir sama dengan secangkir kopi, yaitu sekitar 78 hingga 80 mg kafein per cangkirnya.

Dalam penelitian, Yerba Mate ini memiliki khasiat seperti antioksidan. Selain itu, yerba mate juga mengandung beberapa mineral dan vitamin, termasuk riboflavin, tiamin, fosfor, besi, kalsium dan vitamin C dan B6.

Artikel lainnya: Viral Cobek Batu Keluarkan Belatung Saat Dipanaskan, Chef Ini Ungkap Penyebabnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait