Ragusa dan Zangrandi Asal Indonesia Jadi Es Krim Ikonik Dunia Versi Taste Atlas

  • Arry
  • 28 Jul 2023 06:50
Ilustrasi es krim(Brooke Lark/unsplash)

Kuliner-kuliner Indonesia kembali menunjukkan pamornya di tingkat dunia. Kali ini dua kedai es krim legendaris di Indonesia yakni Ragusa dan Zangrandi, masuk dalam deretan es krim ikonik dunia versi Taste Atlas.

Taste Atlas merupakan laman panduan rasa, atlas dunia hidangan tradisional, bahan-bahan lokal, dan restoran autentik. Terdapat lebih dari 10.000 makanan dan minuman yang diulas oleh kritikus ternama.

Dalam laporan terbaru, Taste Atlas merilis daftar 100 es krim ikonik dunia. Dalam deretan itu terdapat dua kedai es krim asal Indonesia yakni Ragusa dan Zangrandi.

Taste Atlas merilis, Ragusa Es Italia asal Indonesia merupakan salah satu kedai es krim ikonik di Jakarta. Kedai es krim ini didirikan kakak beradi asal Italia, Luigi dan Vincenzo Ragusa, pada 1932. Kini Ragusa menjadi salah satu merek es krim tertua di Indonesia.

Baca juga
Serabi, Pisang Goreng, Kue Ape dan Kue Putu Masuk Jajaran Elit Jajanan Terenak Dunia

"Es krim ikonik yang ditawarkan adalah es krim spaghetti, yang merupakan es krim vanila, cokelat, stroberi, atau durian yang dipress melalui mesin sehingga menyerupai spageti, dengan topping saus stroberi dan kacang-kacangan sehingga terlihat seperti sepiring pasta," tulis Taste Atlas.

    Ragusa Es Italia

Taste Atlas juga menyoroti soal kedai es krim Zangrandi. Dituliskan, kedai es krim ini sudah berdiri sejak 1930 di Surabaya.

"Zangrandi Ice Cream adalah toko es krim yang mapan dan sangat dihormati, dengan arsitektur art deco yang berasal dari era kolonial Belanda," tulis laman tersebut.

    Es Krim Zangrandi

Taste Atlas mencatat rasa es krim ikonik di Zangrandi adalah tutti frutti. Es krim ini merupakan perpaduan rasa buah yang menyegarkan dan manis yang menggoda.

Taste Atlas menyatakan, es krim merupakan hidangan penutup favorit di seluruh dunia. Rasa es krim Gelato dan Dondurma, pun dinilai menjadi hidangan penutup yang unik.

Gelato dinilai memiliki tekstur yang padat dan lembut serta rasa yang kuat karena proses pengolahannya. Berbeda dengan jenis es krim lainnya, gelato dikenal memiliki kandungan lemak yang rendah.

Sedangkan dondurma, es krim asal Turki, dinilai memiliki ciri khas dengan teksturnya yang kenyal dan elastis berkat penambahan pewangi.

"Setiap variasi, meskipun sama-sama memiliki kecintaan yang sama terhadap cita rasa dingin, menyajikan karakteristik yang unik, yang dibentuk oleh bahan, teknik, dan pengaruh budaya setempat," tulis mereka.

Artikel lainnya: Hacker Klaim Bobol Akun MyBCA Modal Nama dan Nomor Rekening, Data Dijual Rp7,5 Juta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait