Viral Larangan Minum Teh Usai Makan Bakso, Ternyata Ada Benarnya

  • Arry
  • 4 Agt 2023 09:18
Makan bakso dan minum es teh(ist/ist)

Ada imbauan yang tengah viral di media sosial. Isinya, agar masyarakat tidak minum es teh usai makan bakso.

Dalam unggahan yang viral, seorang netizen menyebutkan adanya kandungan tanin pada teh yang bisa membahayakan. Sebab, bisa menghambat proses penyerapan protein.

"Kalau makan bakso sama es teh, itu mengandung tanin, tanin itu menghambat proses penyerapan protein itu sendiri," kata seorang wanita dalam video viral berdurasi 31 detik, dikutip Jumat 4 Agustus 2023.

Benarkah anggapan tersebut?

Baca juga
Resep Bakso Malang, Nikmat dan Gurih Untuk Disantap Sore Hari

Ahli gizi sekaligus founder Ruang Gizi Indonesia, Diajeng Anjalna Gakusha A.Md. Gz, menjelaskan, ada beberapa zat gizi yang harus dihindari untuk dimakan bersamaan. Yakni kafein, tanin, dan zat besi.

"Bakso itu tinggi protein dan zat besi, sedangkan di teh itu ada zat gizi yang namanya tanin," kata Diajeng.

Zat besi memiliki fungsi membantu menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga bahan makanan yang tinggi kadar zat besinya, diharapkan tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu atau produk tinggi kalsium, kopi, teh kakao, makanan kaya serat, dan kacang-kacangan.

"Tanin itu akan menghambat penyerapan zat besi itu tadi. Makanya kenapa kita dianjurkan saat makan protein itu menghindari konsumsi teh," jelas Diajeng.

Baca juga
Kenapa Intel Identik dengan Profesi Tukang Bakso, Ini Penjelasan Mantan Kepala BIN

Mengutip Healthline, teh merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung tanin dalam jumlah tinggi. Cara mengolah minuman teh pun juga akan memengaruhi kandungan tanin di dalamnya.

Jenis teh yang mengandung tanin tertinggi adalah teh hitam. Sedangkan teh hijau memiliki kandungan tanin terendah.

Berdasarkan riset yang diterbitkan harian Current Developments in Nutrition pada 2017, disebutkan tanin dapat membuat lingkungan antinutritional- mineral yang tidak larut. Tanin ini disebut dapat mengikat zat besi dan membuatnya sulit untuk diserap oleh tubuh.

"Lebih baik minum air putih atau konsumsi minuman tinggi vitamin c, seperti es jeruk atau jus buah karena vitamin c itu temenan dengan zat gizi. Jadi justru meningkatkan penyerapan zat gizi tadi," ujarnya.

Artikel lainnya: Leher Mahasiswa Sultan Rifat Terjerat Kabel Optik, Ini Kronologi Versi Bali Tower

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait