Daftar 10 Makanan Indonesia Rating Terburuk 2023 Versi Taste Atlas

  • Arry
  • 9 Okt 2023 08:30
Ilustrasi kuliner Indonesia(ist/ist)

Cita rasa makanan Indonesia sudah terkenal kelezatannya di seluruh dunia. Namun, ada sejumlah makanan dan minuman yang memiliki rating buruk oleh Taste Atlas, sebuah ensiklopedia soal cita rasa makanan di dunia.

Sebenarnya makanan dan minuman tersebut bukannya tidak enak. Karena selera setiap orang tentu berbeda dalam merasakan sebuah makanan. Terutama bagi orang luar negeri yang mencicipi masakan Indonesia.

Rating ini diberikan berdasarkan penilaian publik yang menggunakan taste Atlas. Prosesnya pun mengabaikan penilaian dari mesin serta rasa nasionalisme dan patriotik penilainya.

Meski begitu, pemeringkatan ini tidak menjadi sebuah kesimpulan mengenai cita rasa makanan dan minuman tersebut. Atau mungkin bisa saja menjadi pembelajaran bagi peramu makanan untuk meningkatkan kelezatan masakannya.

Penasaran makanan dan minuman apa saja yang mendapatkan rating terburuk versi taste Atlas, berikut daftarnya:

1. Nasi tim ayam

Nasi tim ayam meruipakan hidangan trasidional Indonesia yang memiliki bahan nasi, ayam, dan jamur. Cara mengolahnya adalah dengan meletakkan potongan ayam yang dibumbui kecap dan bawang putih di dasar mangkuk dan kemudian nasi ditaruh di atasnya.

Nasi tim ayam mendapatkan rating 2,7 dari 5 bintang.

2. Lawar

Lawar adalah salah satu kuliner yang terkenal di Bali. Makanan ini terdiri dari daging cincang dan sayuran yang dibumbui dengan kelapa, cabai, terasi, daun jeruk, lengkuas, dan kunyit.

Biasanya daging yang digunaka adalah daging babi atau penyu. Namun, bisa juga menggunakan ayam, bebek, atau sapi. Makanan ini biasanya disajikan saat upaara dan acara khusus. Namun, lawar juga sudah banyak di restoran maupun warung di Bali.

Lawar mendapatkan rating 3 dari 5 bintang.

3. Babi panggang

Babi panggang merupakan yang masakan dimana daging babi diolah dalam campuran bumbu tradisional Indonesia, seperti jahe, bawang putih, lengkuas, dan kecap manis. Kemudian, dipanggang.

Babi panggang mendapatkan rating 3,2 dari 5 bintang.

4. Papeda

Papeda merupakan makanan tradisional Indonesia di bagian Timur seperti di Maluku dan Papua. Makanan ini berbahan dasar sagu.

Papeda ini terbuat dari tepung yang diambil dari batang pohon sagu. Tepung ini dicampur air, garam, dan gula. Makanan ini memiliki tekstur yang kental, mirip sebuah bubur.

Papeda mendapatkan rating 3,3 dari 5 bintang.

5. Acar

Acar adalah makanan yang biasanya menjadi pendamping seperti nasi goreng, mie goreng, hingga soto.

Acar merupakan makanan yang terdiri dari kubis, wortel, timun, atau kacang panjang yang dibumbui dengan cabai dan irisan bawang merah. Sayuran dipotong tipis dan dicampur dengan gula, garam, dan cuka.

Acar mendapatkan rating 3,4 dari 5 bintang.

6. Nasi kucing

Nasi kucing adalah makanan tradisional Indonesia yang banyak terdapat di wilayah Jawa Tengah. Makanan ini disebut nasi kucing lantara memiliki porsi yang sedikit. Biasanya nasi kucing ini memiliki lauk seperti tempe, ikan kering, sambal, ayam, atau telur.

Nasi kucing biasanya dijual di tempat makan kecil atau warung pinggir jalan. Makanan ini pun banyak terdapat di Solo, Yogyakarta, dan Semarang.

Nasi kucing mendapatkan rating 3,4 dari 5 bintang.

7. Bajigur

Bajigur merupakan minuman khas masyarakat Sunda di Jawa Barat. Biasanya bajigur dijual dengan menggunakan gerobak dan cocok diminum saat malam atau sedang sakit tenggorokan.

Bahigur adalah minuman yang diolah dari rempah-rempah seperti jahe, gula aren, dan santan.

Bajigur mendapatkan rating 3,4 dari 5 bintang.

8. Semur

Semur merpakan kuliner khas indonesia. Makanna iniberbahan dasar daging sapi yang diolah dengan kecap manis, bawang putih, bawang merah, pala, jahe, cengkeh, ketumbar, kayu manis, jintan, dan merica. Terkadang ditambah dengan telur atau tahu.

Semur mendapatkan rating 3,4 dari 5 bintang.

9. Mooncake

Mooncake merupakan kue yang diolah dengan adonan yang disebut yueh ping dengan beragam isian seperti wijen hitam, kacang merah, daging babi panggang, kacang hijau, kurma, dan kuning telur asin.

Saat ini, mooncake sudah memiliki ragam isian seperti melon, nanas, cokelat, kacang, rumput laut, teh hijau, dan bahkan krim keju atau es krim.

Mooncake atau kue bulan mendapatkan rating 3,5 dari 5 bintang.

10. Babi guling

Babi guling merupakan kuliner dimana babgi yang dibumbui dengan rempah-rempah berupa kunyit, ketumbar, serai, bawang merah, lengkuas, cabai, terasi, dan bawang putih. Daging kemudian ditusuk dan dipanggang di api.

Babi guling mendapatkan rating 3,5 dari 5 bintang.

Artikel lainnya: Resep Sandwich Goreng Isi Ayam Sosis Keju, Rekomendasi Menu Sarapan Akhir Pekan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait