Heboh Munculnya Kerajaan Angling Dharma di Banten, Raja Diangkat Gaib

  • Arry
  • 22 Sep 2021 07:45
Kerajaan Angling Dharma muncul di Pandeglang, Banten #2(ist/ist)

Warga Pendeglang, Banten, dihebohkan dengan kemunculan Kerajaan Angling Dharma. Kerajaan itu mengaku memiliki raja, Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus.

Istana Kerajaang Angling Dharma berada di Kampung Salangari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. Kerajaan ini memiliki corak kuning dan hijau tua.

Di halaman rumah yang diklaim sebagai istana itu berisi perlengkapan singgasana raja. Hal itu dilengkapi juga dengan tulisan tangan berbahasa Arab, Indonesia, dan Inggris. Di atas 'Istana' terlihat sebuah tulisan gudang duit dengan sembilan bintang.

Ajudan raja, Aki Jamil menyatakan, Raja Iskandar Jamaludin merupakan salah satu titisan kesultanan Banten. Dia menyatakan, penobatan raja berasal dari mimpi yang muncul pada 2004.

“Bukan keingininan baginda [jadi raja] bukan keinginan masyarakat. Waktu diangkat raja secara gaib itu pada tahun 2004. Padahal sebelumnya beliau menolak bahkan ada yang masuk pun ke sini selalu diusir,” kata Aki, Selasa (21/9).

Aki menjelaskan, nama Angling Dharma diambil dari nama seorang tokoh legenda Jawa. Tokoh itu dianggap sebagai titisan Batara Wisnu, yakni Prabu Angling Dharma.

“Simbol Angling Dharma itu karena dahulu pernah ada kerajaan, rajanya adil dan bijaksana,” tuturnya.

Menurutnya, awal mula ramainya kerajaan karena adanya di kecamatan itu ada pembangungan bedah rumah sebanyak 35 unit. Pembangunan itu dilakukan pada 2017.

"Bukan hanya pembangunan saja tapi ada juga sosial seperti santunan yatim dan janda," tutupnya.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait