Australia Bakar 3 Kapal Nelayan Indonesia, Begini Reaksi Susi Pudjiastuti

  • Arry
  • 9 Nov 2021 10:24
Susi Pudjiastuti(Kementerian Kelautan dan Perikanan/kkpgoid)

Australia membakar tiga kapal ikan asal Indonesia. Tiga kapal itu dibakar usai menagkapi ikan di wilayah Australia.

Dilansir dari ABC Australia, pihak otoritas Australia menangkapi sejumlah kapal ikan di dekat Rowley Shoals Marine Park, sebelah utara Australia Barat. Dari kapal-kapal yang ditangkapi, terdapat kapal dari Indonesia.

Penangkapan itu dilakukan sebagai kebijakan untuk menangkal kapal ilegal yang sering masuk wilayahnya. Pimpinan Komando Perbatasan Maritim, Laksamana Muda Mark Hill, menyatakan ada tiga kapal hancur dan 13 lainnya dikawal keluar dari perairan Australia.

"Ini menunjukkan tekad bahwa kita harus melawan penangkapan ikan ilegal, tidak hanya di daerah Rowley Shoals, tetapi di seluruh bagian utara negara ini," ujarnya.

"Pada umumnya para nelayan cukup patuh, mereka tidak agresif dan mereka melakukan apa yang kami minta."

Penangkapan dan pembakaran kapal oleh otoritas Australia mendapat perhatian mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Bahkan Susi memuji kebijakan negara tetangga tersebut.

"Respect dan apresiasi untuk aparat Australia yang telah menjaga Kedaulatan wilayah danresources-nya," cuit Susi di akun Twitternya.

Reaksi Susi Pudjiastuti Soal 3 Kapal Nelayan Indonesia Dibakar Australia

"Seharusnya kita terus melakukan yang sama kepada kapal pencuri ikan di lautan kita sehingga nelayan-nelayan domestik kita bisa terus mendapatkan hasil yang banyak," ujar Susi yang pernah terkenal dengan slogan 'Tenggelamkan Kapal' itu.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait