Menantu Luhut Disebut Calon Kuat Pangkostrad Pengganti Dudung, Ini Kata Andika

  • Arry
  • 18 Nov 2021 09:10
KSAD Jenderal Andika Perkasa bakal calon Panglima TNI(ist/ist)

Posisi Pangkostrad saat ini kosong setelah ditinggal Jenderal Dudung Abdurachman yang dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Nama Mayjen Maruli Simanjuntak pun disebut-sebut kuat sebagai pengganti Dudung.

Mayjen Maruli saat ini menjabat Panglima Kodam IX Udayana. Sebelumnya dia menjabat Komandan Paspampres. Maruli diketahui adalah menantu dari Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku belum mengajukan nama calon Pangkostrad pengganti Jenderal Dudung. Menurutnya, siaapa yang bakal menjadi Pangkostrad akan ditentukan Presiden Joko Widodo.

“Itu diputuskan beliau, kami hanya menyiapkan data, yang memutuskan Presiden. Saya hanya bertugas menyiapkan data beliau silakan memilih sesuai yang eligible," kata Andika di Jakarta, Rabu, 17 November 2021.

Andika menjelaskan, posisi Pangkostrad adalah wewenang Presiden. Tugas TNI adalah menyiapkan nama-nama yang diseleksi meallui mekanisme Wanjakti Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi di tubuh militer.

“Itu nanti diputuskan beliau. Kami tugasnya hanya menyiapkan data kemudian dilaporkan kepada Presiden,” kata Andika yang merupakan menantu mantan Kepala BIN AM Hendropriyono itu.

Andika Perkasa resmi dilantik sebagai Panglima TNI. Dia menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun.

Jabatan Andika sebagai KSAD diisi Jenderal Dudung Abdurachman yang sebelumnya menjabat sebagai Pangkostrad.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait