Waspada, Varian Son of Omicron Sudah Masuk Indonesia

  • Arry
  • 28 Jan 2022 08:02
Ilustrasi Virus(@fusion_medical_animation/unsplash)

Belum kelar virus Covid-19 varian Omicron menyebar, kini sudah ada varian baru yang dinamakan Son of Omicron. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan varian baru ini juga sudah terdeteksi hadir di Indonesia.

"Sudah ada. Kita sudah deteksi mungkin sekitar 10," kata Menteri Budi Gunadi Sadikin, Kamis, 27 Januari 2022.

Budi Gunadi mengakui, subvarian BA.2 Son of Omicron berbeda dengan BA.1 Omicron. Sehingga tidak terdeteksi dengan SGTF. Namunu Menkes memastikan, Indonesia segera memiliki reagen yang dapat mendeteksi kedua subvarian tersebut.

Budi Gunadi juga mengungkapkan, saat ini kasus Covid-19 di Jakarta didominasi varian Omicron. Hal ini diketahui dari pemeriksaan di sejumlah rumah sakit dan laboratorium.

"Kalau pakai statistik, kira-kira sebagian besar sudah Omicron," ujarnya.

"Ya kira-kira 75 (persen) lah Omicron. Feeling saya nih, dari 8.000 yang positif sekarang, kira-kira 75 persen Omicron," lanjut Menkes.

Budi Gunadi juga menyatakan, kasus Covid di Jakarta juga sudah didominasi varian Omicron. Hal ini didasarkan pada pemeriksaan 259 sampel ditemukan 250 kasus konfirmasi varian Omicron.

"Feeling saya, sebagian besar di DKI sudah Omicron," tegas Menkes.

Budi Gunadi mengungkapkan saat ini sudah ada tiga kematian yang diakibatkan varian Omicron. Ketiga pasien itu diketahui memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait