Komnas HAM Temukan Ada Kekerasan Oleh Polisi di Desa Wadas

  • Arry
  • 13 Feb 2022 10:59
Kisruh di Desa Wadas, Jawa Tengah gegara proyek Waduk Bener dan pertambangan(ist/ist)

Komnas HAM menurunkan tim ke Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah. Mereka mengumpulkan keterangan dan fakta mengenai peristiwa yang terjadi pada 8 Februari 2022.

Berdasarkan keterangan dan fakta yang didapat di lapangan, Komnas HAM menemukan bukti adanya kekerasan yang dilakukan aparat kepolisian kepda warga.

"Temuan awal Komnas HAM RI, menemukan fakta adanya kekerasan yang dilakukan aparat kepolisian dalam pengamanan pengukuran lahan warga yang sudah setuju," kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 13 Februari 2022.

Selain itu Komnas HAM juga menemukan fakta sejumlah warga belum pulang ke rumahnya sejak peristiwa 8 Februari. Hal itu lantaran warga ketakutan pulang ke rumah mereka.

Baca Juga
Kronologi Pengepungan Desa Wadas Versi Gempa Dewa

"Mendapati informasi beberapa warga belum pulang ke rumah masing-masing karena masih merasa ketakutan," ujarnya.

Beka menjelaskan, warga dewasa dan anak juga mengalami trauma akibat kejadian tersebut. Peristiwa tersebut juga menimbulkan hubungan sosial antarwarga menjadi renggang.

Baca Juga
Menguak Batu Andesit, Harta Karun yang Picu Polemik di Desa Wadas

"Mendapati fakta terjadi kerenggangan hubungan sosial kemasyarakatan antar warga yang setuju dan menolak penambangan batuan andesit," tutur dia.

"Tim Komnas HAM RI akan melanjutkan upayanya Minggu, 13/2/2022 untuk meminta keterangan beberapa pihak terkait lainnya," ujarnya.

Peristiwa 8 Februari terjadi saat pemerintah hendak melakukan pengukuran lahan untuk penambangan batuan andesit yang akan digunakan untuk proyek Bendungan Bener. Puluhan warga ditangkap polisi dalam insiden tersebut.

 

Baca juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait