Muncul 3 Semburan Lumpur Panas Usai Gempa M 6,2 Guncang Pasaman Barat

  • Arry
  • 25 Feb 2022 16:59
Muncul semburan lumpur panas usai gempa magnitudo 6,2 di Pasaman Barat, Sumatera Barat(ist/ist)

Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah Pasaman Barat, Sumatera Barat, menyebabkan munculnya tiga semburan lumpur panas. Masih belum diketahui penyebab dan akibat dari munculnya semburan lumpur panas itu.

Hal ini diungkapkan Camat Bonjol, Afnita. Menurutnya, ketiga titik semburan lumpur panas itu, terletak di Jorong Padang Baru, Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman. Kini luapan lumpur panas itu sudah mulai menggenangi pemukiman warga.

“Ada tiga titik yang muncul (sumber mata air panas baru). Sudah mulai menggenangi, namun belum signifikan,” kata Afnita, Jumat 25 Februari 2022.

Afnita menjelaskan, di lokasi tersebut memang dekat dengan sumber mata air panas yang selalu dimanfaatkan penduduk sekitar. Namun, usai gempa bumi, muncul semburan lumpur panas tersebut.

Baca Juga
Gempa M 6,2 Guncang Sumatera Barat, 2 Warga Meninggal Dunia

"Saat ini, belum ada antisipasi apa-apa. Kita masih menunggu instruksi dari otoritas terkait. Ini, harus segera diantisipasi. Takutnya luapan air bercampur lumpur kian meluas,” kata Afnita.

Afnita menjelaskan, meluapnya lumpur tersebut baru kali ini dirasakan di Jorong Padang Baru. Untuk itu, dia belum mengetahui apa penyebab dan akibatnya nanti.

“Saat ini telah ada bantuan dari BNPB dan pejabat di nagari, mudah-mudahan aman ya, kita doakan saja,” tuturnya.

Gempa mengguncang di sejumlah wilayah di Sumatera Barat pada Jumat 25 Februari 2022 pukul 08.39 WIB. Pusat gempa tercatat berada pada 17 km timur laut Pasaman Barat, Sumatra Barat, dengan kedalaman 10 km.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait