BMKG Ungkap Penyebab Angin Kencang di Jabodetabek Hingga Bikin Atap Mal Ambruk

  • Arry
  • 6 Mar 2022 10:58
Angin kencang di Jakarta menyebabkan atap bangunan beterbangan dan ambruk(@jktinfo/instagram)

Angin kencang melanda wilayah Jabodetabek pada Sabtu, 5 Maret 2022 sekitar pukul 12.40 WIB. Angin kencang yang berlangsung sekitar 10 menit itu menumbangkan belasan pohon hingga atap-atap rumah dan atap Mal Lippo Kemang ambruk.

Sebelum terjadi angin kencang, BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Jabodetabek. "Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari," tulis BMKG dalam laman resminya.

Peringatan serupa juga dikeluarkan BMKG untuk cuaca di wilayah Banten. "Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian barat, Kabupaten Lebak bagian utara, Kabupaten Tangerang bagian selatan, dan Kota Tangerang Selatan," tulis BMKG.

Baca Juga
Atap Mal Lippo Kemang Ambruk Akibat Angin Kencang Jakarta, Sejumlah Pengunjung Luka

Apa penyebab angin kencang itu?

Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin, menjelaskan, fenomena angin kencang di wilayah Jabodetabek dipicu sistem awan konvektif seperti jenis Cumulonimbus (Cb). Awan ini bergerak dari wilayah barat Banten ke arah timur menuju wilayah Jabodetabek dengan dimensi sistem awan yang memanjang dari utara ke selatan.

“Keberadaan sistem awan konvektif yang bergerak dari arah barat tersebut, selain menimbulkan hembusan angin yang cukup kencang, juga menyebabkan terjadinya hujan di wilayah Banten dan Jabodetabek dengan durasi yang beragam ringan hingga lebat dalam durasi singkat seperti yang terlihat dari citra radar cuaca,” kata Miming dalam keterangan tertulisnya.

Atap Mal Lippo Kemang Jakarta Selatan ambruk akibat angin kencang di Jakarta

Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta menyebutkan, angin kencang mengakibatkan banyak pohon bertumbangan. Seperti di Kelurahan Papanggo, Semper Barat, Cibubur, Pegangsaan Dua, Utan Kayu, Cipete Selatan, Pondok Kelapa, Kebayoran Lama Selatan, Gunung Sahari Selatan, Kelapa Gading Barat, Jatipadang, Jagakarsa, dan Tomang.

Selain itu, angin kencang juga mengakibatkan banyak atap tumah beterbangan dan baliho tumbang. Angin kencang itu juga mengakibatkan atap Mal Lippo Kemang, Jakarta Selatan ambruk. Sejumlah pengunjung dilaporkan terluka akibat peristiwa tersebut.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait