Pertamax dan PPN Baru Naik, Luhut Sebut Pertalite hingga Elpiji 3 Kg Juga Bakal Naik

  • Arry
  • 1 Apr 2022 16:22
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan(humas/setkab)

Harga Pertamax dan tarif pajak pertambahan nilai naik per 1 April 2022. Namun, ada kabar kurang menyenangkan lagi yang harus didengar. Harga BBM jenis Pertalite hingga gas elpiji 3 kg juga bakal ikut dinaikkan.

Hal tersebut dibocorkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Menurut Luhut, kenaikan Pertalite dan Elpiji 3 Kg akan dilakukan bertahap.

"Jadi over all yang akan terjadi nanti Pertamax, Pertalite (naik). Premium belum. Terus kemudian mengenai gas yang 3 kg itu kita bertahap," kata Luhut di Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 1 April 2022.

Baca Juga
Harga Pertamax Naik Menjadi Rp12.500 Hingga Rp13.000 per Liter, Ini Daftarnya

Menurut Luhut, kenaikan akan berlangsung hingga September 2022. "Jadi nanti 1 April, nanti Juli, nanti bulan September. Itu semua bertahap dilakukan oleh pemerintah," ujarnya.

Luhut menjelaskan, kenaikan harga itu tidak dapat dihindarkan. Sebab, saat ini situasi di Rusia danUkraina yang terus memanas.

Baca Juga
Mulai Hari Ini PPN Naik Jadi 11%: Harga Pulsa Internet Hingga Mobil dan Motor Naik

"Tapi seperti yang misalnya (LPG) 3 kg ini kan dari 2007 tidak pernah naik harganya, kan tidak fair juga," ujarnya.

Untuk diketahui, per 1 April 2022, Pertamina menaikkan harga Pertamax menjadi Rp12.500 hingga Rp13 ribu. Sementara harga Pertalite masih stabil di angka Rp7.650 per liter. Harga Pertalite ini berlaku untuk seluruh Indonesia.

Baca Juga
Baru 2 Bulan Gas Elpiji Naik, Kini Harganya Naik Lagi Jadi Rp187 Ribu per Tabung

Selain itu, pemerintah juga telah meningkatkan PPN dari 10 persen menjadi 11 persen per 1 April 2022. Kenaikan PPN ini juga akan memicu kenaikan harga barang-barang konsumsi lainnya.

Sementara itu, gas Elpiji 12 kilogram sudah dua kali naik dalam waktu dua bulan saja. Saat ini harga Elpiji 12 kilogam di masyarakat sudah menyentuh Rp205 ribu.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait