21 Mei: Kisah Detik-detik Lengsernya Soeharto dan Orde Baru

  • Arry
  • 21 Mei 2022 12:01
Mantan Presiden Soeharto(ist/ist)

Kondisi genting ini mmebuat kabinet menjadi panik. Sejumlah menteri pun mengundurkan diri dari jabatannya.

Menko Ekuin Ginandjar Kartasasmita melaporkan pengunduran diri itu bersama 13 menteri lainnya ke BJ Habibie, Wakil Presiden saat itu.

"Apakah Anda sudah membicarakan dengan Bapak Presiden?" kata Habibie dalam buku Detik-detik yang Menentukan: Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi.

"Belum, tapi keputusan tersebut sudah ditandatangani bersama sebagai hasil rapat kami di Bappenas dan sudah dilaporkan secara tertulis kepada Bapak Presiden, melalui Tutut, putri tertua Pak Harto," jawab Ginandjar.

Habibie pun sempat bertemu dengan Soeharto membahas pengunduran diri para menteri dan rencana mengubah personel kabinet.

Saat itu Soeharto menyatakan akan memanggil pimpinan MPR-DPR pada 23 Mei untuk mengundurkan diri.

Pada 20 Mei 1998 pagi hari, sejumlah tokoh datang ke kediaman Soeharto di Jalan Cendana, Menteng, Jakarta. Mereka yang hadir seperti Yusril Ihza Mahendra, Mensesneg Saadillah Mursyid, Bambang Kesowo, Sunarto Sudarno, Akbar Tandjung dan Tanri Abeng.

Sejak demo merebak, Soeharto memang sering bekerja di rumahnya ketimbang di Istana.

Habibie kemudian sempat menghubungi Menteri Saadillah Mursjid dan meminta izin berbicara dengan Soeharto. Namun, keinginan itu ditolak Soeharto.

Saadilah justru menyatakan Soeharto mempercepat pengunduran dirinya. Bukan 23 Mei, tapi 21 Mei pagi.

"Saya sangat terkejut dan meminta agar segera dapat berbicara dengan Pak Harto. Permintaan tersebut tidak dapat dikabulkan dan ajudan Presiden menyatakan akan diusahakan pertemuan empat mata dengan Pak Harto di Cendana besok pagi sebelum ke Istana Merdeka," tulis Habibie.

Ahirnya pada 21 Mei 1998 pukul 09.00 WIB, Soeharto berpidato di Ruang Credential Istana Merdeka. Soeharto mengumumkan dirinya lengser dari jabatannya.


Selanjutnya naskah pengunduran diri Soeharto >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait