Luhut: Tiket Masuk Candi Borobudur Rp750 Ribu untuk Turis Lokal, Turis Asing US$100

  • Arry
  • 5 Jun 2022 10:33
Candi Borobudur(candi borobudur/borobudurpark.com)

Harga tiket masuk Candi Borobudur mengalami kenaikan. Untuk turis lokal, tiket masuk dibanderol Rp750 ribu per pengunjung. Sedangkan untuk turis asing sebesar US$100 per pengunjung.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Selain kenaikan harga tiket masuk, pengunjung Candi Borobudur juga akan dibatasi hanya 1.200 wisatawan saja per harinya.

"Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," katanya sebagaimana dikutip dari akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, dikutip Newscast.id, Ahad, 5 Juni 2022.

Harga tiket masuk Candi Borobudur untuk turis lokal saat ini dibanderol RP50 ribu bagi yang berusia 10 tahun ke atas. Sedangkan usia 3-10 tahun dibanderol Rp25 ribu.

Sementara untuk turis asing, harga tiket masuk Candi Borobudur dibanderol US$25 bagi yang berusia di atas 10 tahun. Sedangkan bagi pelajar dan anak diwajibkan membayar US$15 per pengunjung.

Penjelasan Luhut Binsar Pandjaitan soal kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur

Luhut menjelaskan, kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur ini untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Bagi turis yang masuk kawasan Candi Borobudur, nantinya juga diwajibkan mengguakan pemandu wisata dari warga lokal.

"Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," ujar Luhut.

Luhut menjelaskan, pemerintah saat ini juga tengah mengembangkan Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait