Harga Tiket Naik, Masuk Borobudur Lebih Mahal Dibanding ke Menara Eiffel Atau Liberty

  • Arry
  • 5 Jun 2022 15:13
Candi Borobudur(candi borobudur/borobudurpark.com)

Pemerintah berencana menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur. Untuk wisatawan lokal bakal dikenakan Rp 750 ribu per pengunjung. Sedangkan turis asing diharuskan membayar US$ 100 per orang.

Untuk diketahui, harga tiket masuk Candi Borobudur untuk turis lokal saat ini dibanderol RP50 ribu bagi yang berusia 10 tahun ke atas. Sedangkan usia 3-10 tahun dibanderol Rp25 ribu.

Sementara untuk turis asing, harga tiket masuk Candi Borobudur dibanderol US$25 bagi yang berusia di atas 10 tahun. Sedangkan bagi pelajar dan anak diwajibkan membayar US$15 per pengunjung.

Baca juga
Luhut: Tiket Masuk Candi Borobudur Rp750 Ribu untuk Turis Lokal, Turis Asing US$100

Selain menaikkan harga tiket, pemerintah juga akan membatasi pengunjung ke Candi Borobudur menjadi 1.200 orang per harinya.

"Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," kata Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dikutip Newscast.id dari Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Ahad, 5 Juni 2022.

Berdasarkan data BPS, jumlah pengunjung lokal ke Candi Borobudur sebelum pandemi mencapai 3,75 juta orang. Sedangkan wisatawan mancanegara yang melancong ke Borobudur mencapai 242.000 orang.

Bagaimanakah perbandingan harga tiket masuk ke Candi Borobudur dengan destinasi wisata ikonik di berbagai negara? Berikut perbandingannya:

1. Menara Eiffel

Menara Eiffel (@Denys Nevozhai / Unsplash.com)
Menara Eiffel (@Denys Nevozhai / Unsplash.com)

Menara Eiffel merupakan destinasi ikonik yang berada di Paris, Prancis. Menara Eiffel merupakan simbol budaya, ekonomi, dan kekuatan di Paris. Setiap tahunnya, menara ini dikunjungi rata-rata 7 juta orang.

Berapa harga tiket masuknya? Dikutip dari eiffeltickets.com, ada tiga kategori tiket. Termurah sekitar 36 euro atau Rp556 ribu hingga 55 euro atau sekira Rp 850 ribu jika ingin naik hingga puncak Eiffel hingga wisata di Sungai Seine.


2. Patung Liberty

Patung Liberty (@angelo791 / Unsplash.com)
Patung Liberty (@angelo791 / Unsplash.com)

Patung Liberty berada di New York, Amerika Serikat. Patung Liberty adalah sebuah patung yang menggambarkan dewi kebebasan dengan mengangkat obor menyala di tangan.

Berapa harga tiket masuknya? Dikutip dari statueoflibertytickets.com, harga tiket masuk Patung Liberty dijual mulai US$ 31 atau sekira Rp 447 ribu dan yang termahal US$ 81 atau sekitar Rp1,1 juta. Sedangkan untuk anak-anak dijual US$ 19 atau sekitar Rp274 ribu.

Untuk tiket termurah, pelancong hanya akan menikmati ke taman di bawah Patung Liberty. Kemudian jika ingin menikmati dasar Patung Liberty akan dikenakan tiket US$ 31,30 atau sekitar Rp452 ribu.

Tiket termahal jika pengunjung ingin mendatangi Ellis Island. Sedangkan tiket untuk menikmati pemandangan dari obor Patung Liberty saat ini belum tersedia.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait