Presiden Jokowi Batalkan Kenaikan Harga Tiket Naik Candi Borobudur, Ada Kuota Turis

  • Arry
  • 14 Jun 2022 17:54
Candi Borobudur(candi borobudur/borobudurpark.com)

Kenaikan harga tiket naik Candi Borobudur resmi dibatalkan. Harga tiket masuk akan mengacu pada harga yang berlaku saat ini.

Keputusan diumumkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ini usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 14 Juni 2022.

"Arahannya Pak Presiden, tapi ini enggak tahu saya berwenang atau enggak karena itu kan Pak Luhut. Jadi, intinya tidak ada kenaikan tarif," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Untuk diketahui, harga tiket masuk Candi Borobudur untuk turis lokal saat ini dibanderol Rp50 ribu bagi yang berusia 10 tahun ke atas. Sedangkan usia 3-10 tahun dibanderol Rp25 ribu.

Baca juga
Luhut: Tiket Masuk Candi Borobudur Rp750 Ribu untuk Turis Lokal, Turis Asing US$100

Sementara untuk turis asing, harga tiket masuk Candi Borobudur dibanderol US$25 bagi yang berusia di atas 10 tahun. Sedangkan bagi pelajar dan anak diwajibkan membayar US$15 per pengunjung.

Menurut Basuki, pemerintah hanya akan membatasi jumlah pengunjung yang akan naik ke Candi Borobudur. Tidak semua pengunjung dapat naik candi hingga puncak.

Selain itu, pengunjung yang naik cadi, harus menyewa jasa pemandu wisata. Mereka juga akan diwajibkan menggunakan alas kaki khusus untuk mencegah kerusakan pada candi.

Baca juga
Pengelola: Harga Tiket Tetap Rp 50 Ribu, Kalau Naik Candi Borobudur Jadi Rp 750 Ribu

"Kuota untuk naik ke candi itu dibatasi, mungkin 1.200. Jadi, harus daftar online," ucapnya.

Wacana kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur sebelumnya diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Menurutnya ada rencana menaikkan harga tiket Candi Borobudur hingga Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan US$100 untuk wisatawan asing.

Rencana kenaikan itu dibuat untuk membatasi jumlah pengunjung yang naik ke candi. Hal ini untuk menjaga kondisi Candi Borobudur yang semakin dimakan usia.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait