Ridwan Kamil Ungkap 4 Jejak Kebaikan Eril: Bela Sopir Taksi Hingga Sepatu Buat Satpam

  • Arry
  • 17 Jun 2022 10:19
Ridwan Kamil bersama istrinya Atalia Praratya dan dua anaknya Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril serta Camilla Laetitia Azzahra alias Zara(@ridwankamil/instagram)

Gubernur Jawa Barat menguak jejak-jejak kebaikan putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril semasa hidupnya.

Eril hilang pada 26 Mei 2022 di Sungai Aare, Swiss. Jasadnya ditemukan dua pekan kemudian atau pada 8 Juni. Kini Eril telah dimakamkan di Islamic Center, Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Alhamdulillah hak Eril sudah kita tunaikan secara paripurna. Diantar jutaan doa dari berbagai pelosok negeri. Masya Allah banyak hikmah dalam kejadian ini," tulis ibunda Eril, Atalia Praratya, dalam akun Instagram pribadinya.

Usai kepergian putranya, Ridwan Kamil kini menguak jejak kebaikan Eril. Dia bahkan memberikan tagar #JejakEril di unggahan Instagram miliknya.

Baca juga
Ridwan Kamil Puji Media Beritakan Eril, Singgung Soal Pemberitaan Paranormal

Setidaknya ada empat kebaikan Eril yang diungkap Ridwan Kamil. Berikut daftarnya:

1. Filosifi Hidup Eril

Ridwan Kamil mengungkapkan Eril memiliki filosofi hidup yang luar biasa.

"Filosofi Hidup Eril : “berjuta doa akan dipanjatkan dari berjuta kebaikan yang ditaburkan," tulis Ridwan Kamil.

"Siapa ingin menjadi bunga indah di surga diiringi berjuta doa, maka taburlah berjuta benih kebaikan selama di dunia," Emmeril Kahn Mumtadz.


2. Kehidupan Padat Penuh Manfaat

Ridwan Kamil juga bangga dengan kehidupan Eril. Meski berlangsung singkat, tapi manfaatnya banyak.

"Tentang hidup Eril yang secara kasat mata sangat singkat, tapi setelah dicermati ternyata kehidupan sangat padat penuh manfaat," ungkap Ridwan Kami usai pemakaman Eril.

"23 tahun belum cukup untuk menghasilkan karya-karya besar, namun terbukti memadai untuk menjadi manusia dicintai dengan akbar," kata dia lagi.


3. Kisah Sepatu dan Satpam SMA 3 Bandung

Ridwan Kamil juga menceritakan satu kisah tentang kebaikan Eril saat masih di SMA

"Saat Eril masih SMA, kami sekeluarga pergi umroh dan lanjut trip ke Spanyol. Di Sevilla, kami mampir ke sebuah toko sepatu. Dan Eril bilang, “Pap, titip beliin sepatu yang ini ya.” Tentulah saya belikan untuk anak kesayangan. Tapi dalam hati, saya bingung kenapa ukurannya beda. Tarnyata seminggu kemudian, saya baru tau, kalo Eril beli sepatu itu bukan buat dia," cerita Ridwan Kamil di Instagram.

"Sepatu itu untuk jadi hadiah buat seorang satpam SMA 3 Bandung yg jadi teman baiknya, karena suka mau dititipin sepeda dan rajin mengelapnya, katanya. Mungkin sudah rejeki si satpam, yang Eril panggil “Masbro”, untuk pake sepatu keren buatan Spanyol," tambah Ridwan Kamil.

Baca juga
Kisah Ridwan Kamil: Eril Titip Sepatu dari Spanyol untuk Masbro Satpam SMA 3 Bandung


4. Bela sopir taksi yang mau dikeroyok

Ridwan Kamil juga menceritakan, Eril pernah membela seorang sopir taksi yang hendak dikeroyok.

"Ada sopir taksi yang mengaku pernah dibela Eril saat hendak dikeroyok," tutur Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil pun menyatakan, saat ini banyak pelajaran yang bisa dipetik dari perjalanan hidup Eril. Bahkan dirinya juga mengambil hikmah dari perjalanan hidup Eril.

"Eril sudah menjadi milik publik. Kami memiliki sebagiannya saja," ungkapnya.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait