Uji Coba Beli Pertalite: Web Error, Aplikasi MyPertamina Banjir Bintang 1

  • Arry
  • 2 Jul 2022 16:28
Aplikasi MyPertamina(MyPertamina/instagram)

Pertamina mulai melakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar melalui MyPertamina diwarnai kekacauan. Warga banyak mengeluh kesulitan mendaftar. Mulai dari web yang errror hingga sulitnya membuka aplikasi.

Pendaftaran pembelian BBM Pertalite dan Solar melalui MyPertamina dimulai pada 1 Juli 2022. Untuk tahap awal, uji coba dilakukan di 11 kota.

Robby, salah seorang warga Bandung, Jawa Barat, mengeluhkan sulitnya melakukan pendaftaran MyPertamina melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id/. Menurutnya, dia bahkan sulit untuk membuka laman tersebut.

“Ribet! bikin pusing. Gagal terus daftarnya. Web-nya enggak bisa dibuka,” kata Asep.

Setelah beberapa kali gagal mencoba, Robby akhirnya menyerah dan memilih membeli Pertalite dengan manual.

Baca juga
Mulai 1 Juli 2022, Ini cara Pendaftaran dan Gunakan MyPertamina Untuk Beli Pertalite

“Sekarang beli kaya biasa aja, nggak daftar (MyPertamina) dulu. Kata saya mah ini ribet, mending normal aja. Udah tahu kondisinya sekarang lagi pusing, malah dibikin ribet gini,” keluhnya.

Keluhan serupa diungkapkan Ahmad, sopir angkot. Dia mengaku tidak mengerti cara pendaftaran melalui web ataupun aplikasi.

“Saya mah jelas keberatan, angkot mah lebih baik nggak usah pakai. Kaya biasa aja gitu,” ujarnya.

Baca juga
Daftar 11 Wilayah yang Uji Coba Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina

Keluhan juga disampaikan Amir yang mencoba mendaftar melalui aplikasi. Dia bahkan menyatakan, aplikasi tidak bisa digunakan lagi setelah mendaftar.

"Kenapa setelah sudah daftar, data terdaftar app nya gak bisa dipakai. Setiap mau masuk ke app keluar sendiri, kembali terus tak bisa masuk," kata Amir.

Ada juga yang mengeluhkan cara pembayaran via aplikasi MyPertamina yang masih menggunakan LinkAja. Menurutnya, harusnya sistem pembayaran bisa dilakukan melalui banyak bank atau uang elektronik lain.

Alhasil, hingga Sabtu 2 Juli 2022, sore, aplikasi MyPertamina via Android diganjar dengan rating 1,2. Padahal aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 juta kali.

Baca juga
Cara Daftar MyPertamina Untuk Beli Pertalite dan Solar


Penjelasan Pertamina

Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengakui, aplikasi MyPertamina butuh dikembangkan lebih jauh. Termasuk menambah fitur-fitur baru di dalamnya.

"Memang di dalam aplikasi MyPertaminanya kami masih ada slot untuk pengembangan yang lainnya," kata Ega.

Sementara itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, meinta maaf mengenai sulitnya masyarakat melakukan pendaftaran maupun mengakses MyPertamina.

"Iya mohon maaf tadi ada optimalisasi (sistem aplikasi maupun web MyPertamina). Cukup besar animo masyarakat yang melakukan pendaftaran," kata Irto.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait