Diperiksa KPK 11 Jam, Ini Penjelasan Anies Baswedan Soal Formula E

  • Arry
  • 8 Sep 2022 07:17
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan(aniesbaswedan/instagram)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalani pemeriksaan selama 11 jam di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia diperiksa terkait proyek Formula E.

Usai diperiksa, mantan Menteri Pendidikan itu menjelaskan hasil pemeriksaannya terkait dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E.

"Alhamdulilah hari ini diundang untuk membantu, kami pun hadir," kata Anies di Jakarta, Rabu, 7 Spetember 2022.

"Untuk membantu menjalankan apa yang dibutuhkan oleh KPK. Jadi tadi kamu diminta untuk memberikan bantuan keterangan dan sudah disampaikan," ungkap Anies.

Anies berharap keterangan yang diberikan akan membuat penyelidikan kasus Formula E menjadi semakin terang.

"Insyaallah dengan keterangan yang tadi disampaikan, akan bisa membuat menjadi terang. Sehingga, isu yang sedang dialami akan bisa menjadi terang benderang dan memudahkan KPK dalam menjalankan tugas," kata Anies.

Ketua KPK, Firli Bahuri, menjelaskan pemeriksaan terhadap Anies untuk membuat kasus Formula E menjadi lebih jelas.

“Nggak ada yang beda. Nggak ada yang luar biasa. Untuk diketahui saja, tahun 2022 mulai Januari kemarin, KPK telah meminta keterangan setiap perkara kurang lebih 4.318 orang,” kata Firli.

“Bukan (sudah ada yang mengarah ke dugaan korupsi). Kita kan ingin membuat terang suatu peristiwa, apakah peristiwa itu pidana atau bukan. Itulah dibutuhkan keterangan seseorang karena pengalamannya, pengetahuannya, yang dilihatnya atau yang dialami oleh dia,” jelas dia.

“Tentu saya balik bertanya, apakah ada orang lain atau ada sosok lain yang rekan-rekan anggap yang pantas dipanggil siapa lagi? Ada nggak kira-kira?" lanjut Firli.

"Kalau ada, biar kita minta keterangan juga. Apakah ada sosok lain selain Gubernur DKI Jakarta terkait dengan Formula E? Ada nggak? Kalau ada beri tahu kita. Hanya itu kepentingannya, hanya meminta keterangan,” ujarnya.

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait