Putri Candrawathi Jalani Tes Kebohongan Kasus Brigadir J, Ini Hasilnya

  • Arry
  • 7 Sep 2022 20:46
Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo(tribratanews/polri.go.id)

Putri Candrawathi telah menjalani tes kebohongan terkait kasus tewasnya Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Apa hasilnya?

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, pemeriksaan dengan lie detector atau tes kebohongan dilakukan terhadap Putri Candrawathi dan Susi, asisten rumah tangga Irjen Ferdy Sambo.

"Untuk hasil lie detector atau poligraf yang sudah dilakukan kemarin terhadap saudari PC dan juga saudari S, sama," kata Irjen dedi Prasetyo di Jakarta, Rabu, 7 September 2022.

"Hasil polygraph setelah saya berkomunikasi dengan Puslabfor dan juga operator polygraph bahwa hasil poligraf atau lie detector itu adalah pro justitia," ujarnya.

Baca juga
Bharada E, Bripka RR dan Kuat Ma'ruf Dites Lie Detector, Hasilnya: Jujur

"Itu juga konstruknya penyidik. Kenapa saya bisa sampaikan pro justitia? Setelah saya tanyakan tahunya ada persyaratan, sama dengan Ikatan Dokter Forensik Indonesia. Untuk poligraf itu juga ada ikatan secara universal di dunia, pusatnya di Amerika," tambahnya.

Dedi menegaskan, alat lie detector yang dimiliki Puslabfor Polri memiliki akurasi yang tinggi.

"Dan alat poligraf yang digunakan oleh Labfor kita ini semuanya sudah ya terverifikasi dan juga sudah terverifikasi, baik ISO maupun dari perhimpunan poligraf dunia," katanya.

Baca juga
Soal Isu Perselingkuhan Putri Candrawathi dan Kuat Ma'ruf, Ini Penjelasan Kabareskrim

Tes kebohongan ini juga telah dilakukan kepada tiga tersangka pembunuhan Brigadir J, yakni Bharada Eliezer, Bripka Ricky, dan Kuat Ma'ruf. Hasilnya, ketiganya dinyatakan jujur.

Tes kebohongan akan dilakukan juga ke Irjen Ferdy Sambo. Pemeriksaan dilakukan pada Kamis, 8 September 2022.

Dalam kasus ini, Polri telah menetapkan lima tersangka. Mereka adalah Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada Eliezer, Bripka Ricky, dan Kuat Ma'ruf.

Ferdy Sambo disebut sebagai sosok yang memerintahkan Bharada Eliezer untuk menembak Brigadir J. Selain itu, mantan Kadiv Propam Polri itu juga diduga merekayasa kasus ini.

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait