Hasil Tes Kebohongan Putri Candrawathi Kenapa Masih Dirahasiakan?

  • Arry
  • 8 Sep 2022 17:38
Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo(ist/ist)

Putri Candrawathi telah selesai diperiksa tes kebohongan. Namun, hasil pemeriksaan lie detector terhadap istri Irjen Ferdy Sambo itu masih dirahasiakan.

Padahal, hasil pemeriksaan terhadap tiga tersangka pembunuhan Brigadir J lainnya yakni Bharada E, Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf telah diumumkan. Hasilnya mereka jujur.

Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi menyatakan, semua hasil pemeriksaan Putri Candrawathi akan disampaikan di pengadilan.

"Saya melihat justru analisis liar dari media dan pengamat yang tidak paham teknis pascapelaksanaan uji poligraf. Toh, juga semua fakta akan diungkap di pengadilan," kata Brigjen Andi Rian, Kamis, 8 September 2022.

Baca juga
Putri Candrawathi Jalani Tes Kebohongan Kasus Brigadir J, Ini Hasilnya

Andi Rian pun meminta agar persoalan hasil lie detector Putri Candrawathi ditanyakan ke Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo.

"Silakan tanyakan ke Kadiv Humas," ujarnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi, menyatakan, hasil pemeriksaan lie detector Putri Candrawathi tidak bisa diungkap ke publi. Alasannya, hal itu bagian dari materi penyidikan.

"Itu kewenangan penyidik, karena hasil poligraf pro justitia untuk kepentingan penyidik, silakan tanyakan penyidik," kata Dedi.

Baca juga
Bharada E Sempat Berdoa Terlebih Dahulu Sebelum Tembak Brigadir J

Namun, Irjen Dedi sebelumnya menyatakan, hasil pemeriksaan Putri Candrawathi sama dengan pemeriksaan terhadap Susi, asisten rumah tangga Irjen Ferdy Sambo.

"Untuk hasil lie detector atau poligraf yang sudah dilakukan kemarin terhadap Saudari PC dan Saudari S, sama. Hasil poligraf, setelah saya berkomunikasi dengan Puslabfor dan operator poligraf, bahwa hasil poligraf atau lie detector itu adalah pro justitia," kata Dedi pada 7 September.

Hasil Lie Detector Bharada E, Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf

Bareskrim juga telah memeriksa Bharada E, Bripka RR, danKuat Ma'ruf dengan menggunakan lie detector.

"Hasilnya 'no deception indicated' alias jujur," kata Brigjen Andi Rian.

"Uji poligraf, sekali lagi saya jelaskan, bertujuan untuk memperkaya alat bukti petunjuk," katanya.

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait