Mahfud MD Sebut Tak Ada Data Rahasia yang Dibocorkan Hacker Bjorka

  • Arry
  • 12 Sep 2022 21:09
Ilustrasi hacker atau peretasan(@maxbender/unsplash)

Hacker Bjorka membuat sensasi. Dia bertubi-tubi membuka data yang diklaim milik pemerintah Indonesia.

Menko Polhukam, Mahfud MD memastikan, data yang dibocorkan Bjorka bukan data rahasia milik negara Republik Indonesia.

“Soal bocornya data negara, saya pastikan bahwa itu memang terjadi. Saya sudah dapat laporannya dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kemudian, dari analisis Deputi VII (Kemenkopolhukam), terjadi di sini-sini. Tetapi, itu bisa sebenarnya bukan data yang sebetulnya rahasia,” kata Mahfud MD di Jakarta, Senin, 12 September 2022.

“Jadi, belum ada yang membahayakan dan isu-isu yang muncul itu kan sudah ada di koran tiap hari, (berita mengenai) jadi presiden, ini, gini, kan cuma itu. Tidak ada rahasia negara dari yang saya baca,” kata Mahfud.

Baca juga
26 Juta Data Pelanggan Indihome Bocor, Nama Hingga NIK Konsumen Dibongkar

Meski demikian, Mahfud menyatakan Pemerintah akan mendalami soal aksi Bjorka dalam membocorkan data.

Bjorka mulai membongkar mulai dari data pelanggan PLN, Indihome, hingga data registrasi SIM card prabayar. Sang hacker kemudian mulai menyenggol pemerintahan.

Sepanjang Sabtu dan Ahad, Bjorka menyita perhatian masyarakat Indonsia. Banyak yang mendukung dan tidak sedikit pula yang kontra.

Baca juga
Ini Daftar Dokumen BIN ke Presiden Jokowi yang Dibocorkan Bjorka

Bjorka pun menguak data yang diklaim sebagai surat dari BIN ke Presiden Joko Widodo.

"Contains letter transactions from 2019 - 2021 as well as documents sent to the President including a collection of letters sent by the State Intelligence Agency (Badan Intelijen Negara) which are labeled as secret," tulis Bjorka dalam unggahannya di laman breached.to.

Data yang diunggah memiliki ukuran 189 MB uncompressed, dengan total 679.180 baris. Dokumen berisi informasi seperti judul surat, nomor surat, pengirim, nama pegawai penerima, tanggal, dan sebagainya.

Baca juga
Data Dibongkar Bjorka: Luhut Belum Vaksin Booster, Ini Kata Jubir

Bjorka pun menyertakan sejumlah contoh dokumen yang dibocorkan. Kata Bjorka isinya, "tittle of the letter, letters number, sender, receiver employee id, letter date etc".

Mengenai dokumen ini, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menegaskan, tidak ada dokumen rahasia Presiden Jokowi yang dibuka Bjorka.

"Saya yakin enggak karena kan saya yang tahu, kalau pun bisa meretas paling masuk ke window awal, dan window awal itu kan banyak pagarnya lah, kira- kira seperti itu," kata Heru.

Baca juga
Akun Twitter Bjorka Muncul Lagi: Sebut-sebut Ferdy Sambo dan Buka Data Tito Karnavian

"Kalaupun itu bisa masuk, itu pun yang bisa masuk di daftar isi saja," ujarnya.

Tak hanya itu, Bjorka juga melakukan doxing kepada sejumlah pejabat Indonesia. Mulai dari Menkominfo Johnny G Plate, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Mendagri Tito Karnavian.

Selain itu, Bjorka juga membuka data pribadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga pegiat media sosial Denny Siregar.

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait