Sosok Febri Diansyah, Eks Jubir KPK yang Bela Susi Air Hingga Putri Candrawathi

  • Arry
  • 28 Sep 2022 13:43
Febri Diansyah, eks Juru Bicara KPK yang kini menjadi pengacara Putri Candrawathi(ist/ist)

Febri Diansyah resmi masuk dalam tim kuasa hukum Putri Candrawathi. Mantan Juru Bicara KPK itu akan bertugas membela istri Ferdy Sambo itu dari kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Siapa Febri Diansyah?

Febri Diansyah lahir di Padang, 8 Februari 1983. Usai lulus dari SMA Negeri 4 Padang, Febri sempat kuliah di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Namun, dia kemudian masuk ke Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM).

Lulus dari kuliah, Febri bergabung dengan Indonesia Corruption Watch, LSM yang bergerak memantau pemberantasan korupsi.

Baca juga
2 Eks Pegawai KPK Jadi Pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Apa Alasannya?

Tak lama menjadi aktivis, Febri kemudian bergabung dengan KPK. Jabatan pertamanya adalah pegawai fungsional Direktorat Gratifikasi KPK. Kemudian dia merangka naik menjadi Kepapa Biro Humas KPK, dan terakhir dia menjadi Juru Bicara KPK.

Pada 18 September 2020, Febri mundur dari KPK. Alasannya karena kondisi di Komisi Antirasuah itu yang sudah banyak berubah di bawah kepemimpinan Firli Bahuri.

"Bagi Saya, selama menjadi Pegawai KPK bukan hanya soal status atau posisi jabatan namun lebih dari itu, ini adalah bagian dari ikhtiar yang utama untuk berkontribusi dalam pemberantasan korupsi," demikian bunyi surat pengunduran diri Febri Diansyah saat mundur dari KPK.

"Setelah menjalani situasi baru tersebut selama sekitar sebelas bulan, saya memutuskan jalan ini, memilih untuk mengajukan pengunduran diri dari institusi yang sangat saya cintai, KPK," ungkapnya.

Baca juga
Susi Air Tempuh Jalur Hukum Usai Diusir dari Hanggar Bandara Malinau, Ini Perkaranya

Setelah dari KPK, Febri mendirikan law firm bersama bekas aktivis ICW lainnya. Seperti Emerson Yuntho, Ade Irawan, Donal Fariz, hingga Rasamala Aritonang. Nama terakhir juga sempat bergabuug dengan KPK dalam Biro Hukum. Dan terakhir, Rasamala juga masuk dalam tim kuasa hukum Ferdy Sambo.


Bela Susi Pudjiastuti hingga Putri Candrawathi

Di Firma hukum barunya, Febri Diansyah beberapa kali menangani kasus besar. Mulai dari Pilkada hingga yang terakhir menjadikuasa hukum Putri Candrawathi.

Law Firm milik Febri ini juga menjadi kuasa hukum dari Susi Air, maskapai penerbangan milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Kini, Febri menerima pinangan dari tim kuasa hukum Putri Candrawathi untuk membela tersangka pembunuhan berencana Brigadir J alias brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Baca juga
Profil Kombes Budhi Herdi: Bekas Penyidik KPK yang Terseret Kasus Brigadir J

Febri menjelaskan alasannya bergabung dengan tim pengacara Putri Candrawathi. Menurutnya, tawaran ini datang dua minggu lalu dan dia juga telah mempelajari perkara tersebut.

"Saya memang diminta bergabung di tim Kuasa Hukum perkara tersebut sejak beberapa minggu lalu. Setelah saya pelajari perkaranya dan bertemu dengan Bu Putri, saya sampaikan bahwa kalaupun saya menjadi kuasa hukum, saya akan dampingi secara objektif," kata Febri di Jakarta, Rabu, 28 September 2022.

Febri menjelaskan sudah berbincang dengan Putri Candrawathi tentang kesediannya bergabung. Namun dia menegaskan akan memberikan pembelaan secara objektif dan faktual.

"Jadi, sebagai advokat saya akan dampingi perkara Bu Putri secara objektif dan faktual," ujarnya.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait