Kriminolog Sebut Kematian 1 Keluarga di Kalideres Terkait Sekte Apokaliptik, Apa itu?

  • Arry
  • 15 Nov 2022 09:23
Ilustrasi sekte apokaliptik(@dominik_lalic_photography/unsplash)

Kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat, pada 10 November 2022, masih misterius. Beragam pandangan beredar menduga penyebab kematian mereka.

Salah satunya dilontarkan Kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala. Dia menduga kematian empat orang tersebut disebabkan sekte apokaliptik.

"Jangan-jangan dari keempatnya penganut paham akhir dunia atau apokaliptik dan mencabut nyawa dengan cara yang ekstrem," kata Adrianus Meliala.

Baca juga
Pak RT Ungkap Pesan terakhir Satu Keluarga Tewas Mengering di Kalideres

Meski demikian, Adrianus menyatakan masih membutuhkan waktu untuk mengetahui soal sekte apokaliptik itu. “Saya bayangkan bunuh diri dengan melaparkan diri, tetapi saya tidak yakin orang mampu melakukan tindakan seperti itu,” ujarnya.

“Tentu ada motif ya kenapa seperti itu, harus menunggu hasil autopsi yang akurat,” ucapnya.

Dugaan ini mencuat lantaran banyak kejanggalan yang terlihat dalam kematian tersebut. Berdasarkan hasil autopsi sementara, keempat jasad itu disebut meninggal karena tidak makan. Hal ini karena tidak ada sisa makanan di dalam lambungnya.

Baca juga
5 Kejanggalan 1 Keluarga Tewas di Kalideres Gegara Kelaparan

Namun, pihak keluarga dan warga tidak percaya korban tewas karena kelaparan. Sebab, mereka dikenal sebagai keluarga yang berkecukupan. Bahkan memiliki aset miliaran rupiah.

Selain itu, di rumah korban terdapat barang-barang seperti kapur barus dan lilin yang berada di sekitar jenazah dan ditemukan juga di atas meja makan.  Dan polisi juga menemukan struk belanja dan juga bungkus makanan di dalam rumah.

Apa itu apokaliptik?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait