3 Tips Hindari Penipuan Atas Nama Bank BCA

  • Arry
  • 6 Sep 2021 08:28
Bank Central Asia (BCA)(bca/twitter)

Bank Central Asia meminta para nasabahnya mewaspadai aksi penipuan melalui telepon yang mengatasnamakan BCA. Banyak modus yang digunakan penipu agar mengelabui nasabah.

"Friends, tolong informasikan ke sanak keluarga, kolega & segenap group WhatsApp teman agar Hati-Hati dengan penipu yang mengatasnamakan Bank BCA!" tulis Manajemen BCA dalam informasi resminya.

BCA menjelaskan, saat ini marak modus penipuan yang menggunakan nomor palsu seperti +6221-1500888, 021-500888, dan sebagainya.

Agar terhindar dari penipuan, ini 3 tips yang dapat dilakukan nasabah:

Pertama, nasabah diminta tidak mengangkat telepon dari nomor yang mencurigakan, walaupun terlihat mirip dengan nomor kontak resmi call center. BCA menyarankan agar nasabah tidak menyimpan nomor Halo BCA di daftar kontak.

Dengan tidak menyimpan nomor Halo BCA, nasabah bisa melihat nomor telepon yang masuk. Nomor Halo BCA yang resmi adalah 1500888 tanpa embel-embel +62 atau 021.

Kedua, jika terlanjur mengangkat telepon tersebut, dan penelepon mengatakan ada aktivitas mencurigakan pada rekening maupun kartu kredit milik nasabah, jangan panik. Langsung tutup telepon itu.

"Kalau Anda melayani maka kartu kredit, debit/ATM, dan tabungan Anda bisa jebol. Jadi, segera matikan telepon tersebut," tulis manajemen.

BCA menyatakan, pihaknya tidak pernah meminta data nasabah seperti PIN ATM, nomor kartu ATM, CVV kartu kredit, OTP, dan data pribadi lainnya.

Ketiga, nasabah diminta langsung menghubungi Halo BCA jika menemukan aktivitas mencurigakan. Nomor kontak Halo BCA di nomor 1500888; Twitter @HaloBCA; email: halobca@bca.co.id; atau WhatsApp Bank BCA ke 08111500998.

"Mari kita sama-sama mengingatkan orang-orang terdekat dan sekitar untuk tidak mudah tertipu oleh para penipu dengan menjalankan tiga cara di atas," kata manajemen BCA.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait