Sri Mulyani Respons Keluhan Soimah Didatangi Oknum Pajak Didampingi Debt Collector

  • Arry
  • 10 Apr 2023 14:08
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati(humas/setkab)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merespons keluhan artis Soimah Pancawati soal didatangi oknum petugas Ditjen Pajak hingga adanya pendampingan dari debt collector.

“Saya meminta tim @ditjenpajakri melakukan penelitian masalah yang dialami Bu Soimah,” kata Sri Mulyani di akun Instagram pribadinya dikutip Senin, 10 April 2023.

Dalam unggahan itu, Sri Mulyani juga menyertakan video seorang wanita pegawai Ditjen Pajak yang meminta maaf kepada Soimah atas kejadian yang tidak mengenakkan.

“Ada tiga hal yang perlu dijelaskan mengenai kasus ini. Sepertinya ada kesalahpahaman dengan Ibu Soimah. Perlu dicatat, sampai saat ini belum ada pegawai pajak yang pernah bertemu Ibu Soimah secara langsung,” kata pegawai tersebut.

Baca juga
Cerita Soimah Didatangi Oknum Ditjen Pajak Tagih Pajak Bawa Debt Collector

Pertama, mengenai kisah yang diceritakan Soimah saat membeli rumah, pegawai pajak itu menyatakan, patut diduga yang berinteraksi adalah instansi di luar kantor pajak yang berkaitan dengan jual beli aset berupa rumah.

Menurutnya, jika ada interaksi yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak atau KPP Pratama Bantul, maka hanya sebatas kegiatan validasi nilai transaksi rumah. Bukan meminta kepada pembeli untuk memastikan nilai transaksi yang dilaporkan memang sesuai dengan ketentuan.

“Kedua kenapa ada debt collector? kantor pajak menurut undang-undang sudah punya debt collector sendiri yaitu juru sita pajak negara atau JSPN,” tutur pegawai itu.

“Lalu, buat apa didatangi sambil membawa debt collector? Apa benar itu pegawai pajak? Jika benar pegawai pajak mungkin itu petugas penilai pajak yang meneliti pembangunan pendopo Ibu Soimah,” kata dia.

“Penting dicatat kesimpulan dan rekomendasi petugas pajak tersebut belum dilakukan tidak lanjut,” ucap dia.

Baca juga
Viral TKI Beli Gamis Rp200 Ribu Kena Denda Bea Cukai Rp9 Juta, Ini Penjelasannya

Ketiga, mengenai keluhan Soimah yang merasa terintimidasi petugas pajak yang meminta melaporkan SPT di akhir Maret 2023. Menurutnya, pada chat tersebut petugas pajak hanya mengingatkan melaporkan SPT dan menawarkan bantuan jika terdapat kendala dalam pengisian.

“Demikian penjelasan kami. Kami telah mencoba menghubungi Ibu Soimah dan kami sangat terbuka jika Ibu Soimah dan kawan pajak ingin bertemu secara langsung dengan kami. Silahkan menghubungi kantor pajak terdekat jika membutuhkan bantuan. Terima kasih,” kata pegawai tersebut.

Sri Mulyani berharap penjelasan dari pegawai pajak tersebut bisa memberikan titik terang dalam kasus artis Soimah.

“Kami akan terus melakukan perbaikan pelayanan. Terima kasih atas masukan dan kritikan yang konstruktif. Untuk Indonesia yang lebih baik,” cuit Sri Mulyani.

Artikel lainnya: Tak Patut Ditiru, Aksi Pria Ini Tukar Barcode QRIS di Masjid Nurul Iman Blok M

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait