Iman Mahlil Pelaku Penipuan QRIS Palsu di Masjid Ditangkap dan Jadi Tersangka

  • Arry
  • 11 Apr 2023 16:18
Aksi Pria Ini Tukar Barcode QRIS di Masjid Nurul Iman Blok M terekam CCTV(ist/ist)

Polisi akhirnya menangkap pelaku penipuan QRIS palsu di kotak amal masjid-masjid. Dia adalah Mohammad Iman Mahlil Lubis, 38 tahun.

"Kami sudah melakukan tindakan kepolisian terhadap seseorang dengan inisial MIML," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, 11 April 2023.

Iman Mahlil Lubis adalah pelaku penempelan stiker QRIS palsu di Masjid Nurul Iman, Blok M Square yang viral di media sosial.

"Dimana yang bersangkutan adalah orang yang menempel qris tersebut di Masjid Nurul Iman Blok M Square," jelasnya.

Baca juga
Tak Patut Ditiru, Aksi Pria Ini Tukar Barcode QRIS di Masjid Nurul Iman Blok M

Atas perbuatannya, Iman Mahlil ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat pasal berlapis. Yakni Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45a ayat 1 dan atau Pasal 35 juncto 51 ayat 1 UU ITE dan atau Pasal 80 dan atau Pasal 83 UU Transfer Dana dan atau Pasal 378 KUHP.

"Dengan ancaman penjara di atas lima tahun," ujar Auliansyah.

Karena hukuman di atas lima tahun, penyidik memutuskan menagan Iman Mahlil untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Aksi penipuan lewat stiker QRIS ini awalnya terjadi di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan. Dalam video yang viral di media sosial, terlihat seorang pria menempelkan stiker tersebut pada Kamis, 6 April 2023 sekitar pukul 10.37 WIB.

Baca juga
Masjid Istiqlal Juga Jadi Sasaran QRIS Kotak Amal Palsu, Ditemukan 50 Stiker

Sosok pria itu berperawakan gempal dengan rambut cepak, memakai kacamata, kemeja lengan panjang dan celana denim. Dia terekam kamera CCTV menempelkan stiker QRIS miliknya.

Pria itu menempelkan stiker QRIS bertuliskan 'RESTORASI MASJID', padahal QRIS milik masjid bertuliskan “MASJID NURUL IMAN BLOK M SQUARE”.

Artikel lainnya: KPK Klaim HP Firli Bahuri Diretas Hacker

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait