Yudo Andreawan Si Pembuat Onar di Stasiun Manggarai Maki Perawat Hingga Gebrak Meja

  • Arry
  • 19 Apr 2023 10:55
Polisi Tangkap Yudo Andreawan, Pria yang Ngamuk di Manggarai dan Aniaya Orang di Mal(ist/ist)

Yudo Andreawan, tersangka pembuat onar di mal di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, hingga kini masih menjalani pemeriksaan kejiwaan. Di tengah pemeriksaan, Yudo ternyata kembali mengamuk saat diperiksa dokter.

"Kemarin telepon perawatnya karena ada sempat ngamuk-ngamuk. Kemudian minta dibawakan pakaian sama alat mandi. Kemarin Kanit ke sana. Kumat ngamuk istilahnya," kata Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah.

Yuliansyah menjelaskan, Yudo Andreawan mengamuk hingga memaki-maki perawat yang memeriksanya. Tak hanya itu, dia sempat menggebrak meja saat diperiksa.

"Dia marahnya nggak tahu pengen apa, pokoknya marah aja. Kemarin pas mau dibalikin ke RS ngurus administrasi kelamaan, sempat gebrak meja juga 'lama banget katanya'," ujarnya.

Baca juga
Ortu Buka-bukaan Kondisi Kejiwaan Yudo Andreawan Pembuat Onar di Stasiun Manggarai

Menurut Yuliansyah, pihaknya tengah mempertimbangkan mengirim Yudo ke RS Jiwa. Namun hal tersebut akan diputuskan usai melihat hasil observasi kejiwaan yang keluar pada Senin, 24 April.

"Kemarin katanya mau obrolin apakah orang ini perlu digeser ke rumah sakit jiwa, kalau digeser ke RS berarti dinyatakan gila," ujarnya.

"(Hasil observasi) harusnya 7 hari, pokoknya kalau 7 hari itu dirasa belum cukup, dia nambah 7 hari lagi. Kalau dirasa cukup keputusannya langsung main. Apakah dibalikkan ke penyidik (ditahan) atau gimana," jelasnya.

Untuk diketahui, Yudo Andreawan ditangkap atas laporan membuat onar dan menyerang korban di sebuah mal di Jakarta Pusat. Saat pemeriksaan, Yudo mengaku menderita mental disorder.

Baca juga
Yudo Andreawan Ditangkap Polisi, Ini Daftar 17 Ulah Pembuat Onar di Stasiun Manggarai

"Hasil komunikasi kami dengan pelaku, menyampaikan bahwa yang bersangkutan menderita mental disorder," kata Yuliansyah.

Dalam pemeriksaan, Yudo mengaku, perbuatan yang dilakukan selama ini karena ada dorongan dari penyakit mental tersebut. Yudo pun sempat memperlihatkan resep obat kejiwaan yang dikonsumsinya.

"Ketika seseorang panik atau tidak terima dengan keadaan, muncullah perbuatan-perbuatan yang di luar dari kesadarannya. Yang bersangkutan memperlihatkan adanya surat keterangan atau resep dokter terkait obat gangguan kejiwaan," jelasnya.

Nama Yudo Andreawan viral usai aksinya mengamuk di Stasiun Manggarai. Tak hanya itu, dia ternyata juga kerap membuat onar di berbagai lokasi.

Artikel lainnya: Penumpang Batik Air Klaim Koper Dibobol, Ini Tanggapan Maskapai dan Kronologinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait