Cerita Amin Nasabah BRI Kehilangan Rp202 Juta dalam 9 Menit, Ini Gegaranya

  • Arry
  • 19 Mei 2023 18:12
Ilustrasi Uang Rupiah(mufid majnun/unsplash)

Nasabah BRI Cabang Mamuju, Sulawesi Barat, bernama Muhammad Amin, mengaku kehilangan tabungannya sebesar Rp202 juta. Tabungannya hanya disisakan Rp53 ribu saja.

Mengutip kompas.com, peristiwa ini terjadi pada Sabtu, 13 Mei 2023. Saat itu dia baru sadar usai menerima pemberitahuan transaksi penarikan saldo sebanyak 3 kali dalam waktu 9 menit.

Menurut Amin, sebelum kehilangan uangnya, dia sempat mendapatkan pesan undangan digital melalui WhatsApp dari nomor tak dikenal. Awalnya dia mengabaikan pesan tersebut.

Namun, pengirim pesan kemudian berulang kali mengirimkan hal yang sama. Akhirnya Amin mengaku membuka pesan tersebut karena mengira undangan itu dikirim temannya. Amin pun akhirnya membuka undangan digital tersebut.

Baca juga
Waspada Undangan Pernikahan Via WhatsApp Penguras Rekening

"(Tapi) saya belum tahu kalau Hp saya disitu (di-remote), nanti saya sadar (ditipu) setelah kehilangan uang," ujar Amin.

Usai mengklik undangan pernikahan digital itu, Amin mengaku menerima SMS permintaan kode On Time Password (OTP) untuk aplikasi BRImo. Namun dia mengabaikan pesan tersebut karena mengetahui SMS itu adalah upaya penipuan.

Amin pun mengaku masih bisa menggunakan aplikasi BRImo. Dia sempat mengirim uang untuk anaknya pada Rabu, 10 Mei. Namun pada Jumat, 12 Mei, dia tidak bisa lagi membuka aplikasi BRImo miliknya.

Amin kemudian langsung mendatangi kantor BRI Cabang Mamuju untuk melaporkan hal ini. Di sana, dia meminta agar akun BRImo miliknya diaktifkan kembali dengan bantuan pegawai customer service BRI.

Baca juga
Waspada Penipuan Via WhatsApp Berkedok Surat Tilang Polisi

Usai mengisi data, Amin kembali menerima pesat OTP. Karena ragu akan pesan ini, dia kemudian menanyakan ke pegawai CS, apakah OTP tersebut resmi atau tidak.

Menurut Amin, pegawai CS itu mengatakan pesan itu resmi dari Bank BRI. Pegawai itu kemudian mengambil ponsel Amin dan mengklik pesan permintaan OTP tersebut.

"Tapi disitu tidak ada keluar kode OTP. Saya cek email saya tapi tidak ada yang masuk. Jadi saya bilang nanti saya cek email (melalui) laptop di rumah," ujar Amin.

Namun, sesampainya di rumah, Amin mengaku tidak bisa membuka email pribadinya. Bahkan pada Sabtu, 13 Mei, dia mengecek saldonya di ATM BRI hanya tersisa Rp53 ribu saja.


Selanjutnya >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait