Cerita Amin Nasabah BRI Kehilangan Rp202 Juta dalam 9 Menit, Ini Gegaranya

  • Arry
  • 19 Mei 2023 18:12
Ilustrasi Uang Rupiah(mufid majnun/unsplash)

Setelah itu, Amin mengaku menerima SMS sebanyak tiga kali yang berisi pemberitahuan ada penarikan sebanyak tiga kali.

Akhirnya Amin sadar, ponselnya telah diretas usai diberitahu koleganya yang bekerja di bank. Menurut temannya, kejadian itu bermula saat Amin mengklik undangan digital yang dikirimkan via WhatsApp.

Namun Amin justru berkeyakinan, uangnya hilang setelah CS BRI mengklik pesan permintaan OTP di ponselnya.

"Yang jadi persoalan, itu kode OTP bukan saya kasi kan. Saya kan belum tahu di situ (waktu bertemu CS). Saya bertanya apa ini yang masuk. Seandainya saya tahu kan saya langsung suruh blokir rekening. Jadi di situ kelalaiannya (pegawai BRI)," kata Amin.

Amin pun kemudian menemui pimpinan cabang Bank BRI Mamuju. Menurutnya, pimpinan bank mengaku sudah melakukan investigasi dan menyatakan Amin sebagai korban penipuan.

Baca juga
Waspada Penipuan Via WhatsApp Kurir Palsu Minta Instal Aplikasi, Bisa Bobol M-Banking

Namun, pihak bank menyatakan tidak akan mengganti uang ratusan juta yang hilang itu. Amin ngotot, uang itu hilang akibat kelalaian dari pihak bank. Amin pun kemudian melaporkan kejadian ini ke polisi.

"Tadi pagi saya sudah ke Polda Sulbar berkonsultasi dan dia menyarankan untuk membawa saksi untuk melaporkan kelalaian ini," ujar Amin.

Mengenai kasus ini, Pimpinan Cabang BRI Mamuju, Octarez Abi Ibrahim, menyatakan pihaknya telah melakukan investigasi. Hasilnya, Amin adalah korban tindak kejahatan penipuan online atau social engineering.

"Yang bersangkutan menginformasikan data transaksi perbankan (PIN & Password) yang bersifat pribadi dan rahasia pada pihak yang tidak bertanggung jawab baik melalui digital atau phone scam sehingga transaksi dapat berjalan dengan sukses," ujar Abi.

Abi menyatakan, bank hanya akan mengganti kerugian nasabah bila kelalaian disebabkan sistem perbankan. Dia pun mengimbau kepada nasabah agar berhati-hati untuk menjaga kerahasiaan data pribadi.

"Diimbau agar nasabah tetap menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI," ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait