BMKG Ingatkan Potensi Tsunami 28 Meter di Pacitan, Warga Harus Waspada

  • Arry
  • 13 Sep 2021 10:14
Ilustrasi Tsunami(@raymondo600/unsplash)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyatakan ada potensi tsunami setinggi 28 meter. Bencana itu berpotensi menerjang wilayah Pacitan, Jawa Timur.

Kepala BMKG, Dwikora Karnawati, menjelaskan, peringatan ini berdasarkan penelitian terbaru yang menyatakan adanya pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

“Berdasarkan hasil penelitian, di Pantai Pacitan memiliki potensi tsunami setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit," kata Dwikora dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 12 September 2021.

"Adapun tinggi genangan di darat berkisar sekitar 15-16 meter dengan potensi jarak genangan mencapai 4-6 kilometer dari bibir pantai,” tambahnya.

Dwikora menjelaskan, BMKG bersama Kementerian Sosial dan pihak Kabupaten Pacitan telah memverifikasi ona bencana. Mereka pun telah menyusuri bagaimana jalur evakuasinya.

Dengan skenario tersebut, lanjut Dwikora, masyarakat yang berada di zona bahaya dapat berlatih rutin melakukan evakuasi mandiri bila mendapat peringatan dini tsunami.

“Untuk masyarakat yang berada di pantai, tidak perlu menunggu perintah, aba-aba, atau sirine, segera lari karena waktu yang dimiliki hanya sekitar 29 menit. Sedangkan jarak tempat yang aman yang lebih tinggi cukup jauh,” ucap Dwikorita.

Baca Juga:
9 Web Kementerian dan BIN Disusupi Hacker Asal China

Meski demikian, Dwikora menjelaskan, bencana tsunami tersebut masih bersifat potensi. Artinya, bisa saja terjadi atau tidak terjadi. Meski demikian, masyarakat harus mulai mempersiapkan diri.

“Jika masyarakat terlatih, maka tidak ada istilah gugup dan gagap saat bencana terjadi. Begitu gempa terjadi, baik masyarakat maupun pemerintah sudah tahu apa-apa saja yang harus dilakukan dalam waktu yang sangat terbatas tersebut,” tegas dia.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada teknologi di dunia yang bisa memprediksi kapan terjadinya gempa maupun tsunami dengan tepat.

 

Baca Juga:

Setelah 20 Tahun, FBI Akhirnya Buka Dokumen Serangan WTC 9/11
Heboh Lampu Aula Masjid Istiqlal Kayak Lampu Disko, Ini Penjelasannya
Ditanya Masakan Paling Nggak Enak, Chef Arnold Sebut Rawon Lord Adi
Jadi Menteri Agama, Harta Gus Yaqut Naik 1000 Persen
Nikmatnya Nasi Goreng Padang Ala Lord Adi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait