Anies Singgung Netizen Kerap Pakai Istilah Wakanda dan Konoha untuk Kritik Pemerintah

  • Arry
  • 29 Agt 2023 21:52
Anies Baswedan(@aniesbaswedan/instagram)

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, menyinggung kebiasaan netizen menggunakan istilah 'Wakanda' atau 'Konoha' untuk melontarkan kritik ke pemerintah via media sosial.

Menurut Anies, fenomena tersebut menunjukkan adanya ketakutan masyarakat untuk memberikan kritik ke pemerintah. Hal ini pun menunjukkan sistem demokrasi yang tidak sehat.

"Ini yang sekarang sering kali menjadi masalah. Karena kita menyaksikan di sosial media, banyak sekali yang kalau mau menulis itu nyebutnya Konoha, Wakanda gitu," kata Anies.

"Ini menunjukkan ada self-censorship. Ini tanda-tanda tidak sehat," lanjut Anies saat memberikan Kuliah Kebangsaan FISIP UI di Depok, Jawa Barat, Selasa, 29 Agustus 2023.

Baca juga
Anies Baswedan Tanggapi Wacana Berduet dengan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Anies menjelaskan, maraknya penggunaan istilah seperti Wakanda maupun Konoha itu menunjukkan tanda demokrasi yang tidak sehat. Sebab, pemakaian nama-nama ganti itu menunjukkan ketakutan masyarakat saat menyampaikan kritik.

"Ada dua sistem di dunia ini, demokratik dan non-demokratik. Yang non-demokratik, pilarnya adalah fear, rasa takut. Yang demokratik, pilarnya adalah trust (percaya)," kata Anies.

"Karena itu, perhatikan, rezim-rezim otoriter pasti mengandalkan rasa takut untuk menjalankan kekuasaannya. Begitu rasa takut itu hilang, rezimnya tumbang," kata Anies.

"Kalau ada pasal-pasal dalam undang-undang yang mengganggu kebebasan berekspresi, sudah seharusnya itu direvisi dan harus bisa melindungi kebebasan berekspresi. Bukan malah menghalangi kebebasan berekspresi," ujarnya.

Baca juga
Anies Baswedan Ungkap Nasib IKN Jika Terpilih Jadi Presiden 2024: Bukan Soal Selera

Untuk diketahui, Wakanda dan Konoha merupakan suatu daerah fiktif yang dikenal dalam serial Marvel Cinematic Universe dan Naruto.

Negeri Wakanda merupakan sebuah daerah yang ada dalam film Black Panther dan Black Panther 2: Wakanda Forever. Dalam film itu, Wakanda disebut sebagai sebuah negara yang sangat maju di Afrika.

Sementara Konoha populer dari serial anime Naruto. Konoha ini merupakan sebuah desa ninja yang kuat dan subur dibanding desa ninja lainnya.

Artikel lainnya: Begini Tampang Paspampres dan 2 Anggota TNI yang Aniaya Hingga Tewaskan Warga Aceh

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait