PKS Masih Belum Bersikap Soal Cak Imin Cawapres Anies, Singgung Koalisi Semut Merah

  • Arry
  • 5 Sep 2023 09:19
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin(ist/ist)

PKS hingga saat ini belum bersikap soal Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang menjadi bakal cawapres Anies Baswedan. Namun, PKS menyunggung soal adanya koalisi semut merah.

Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi menjelaskan, belum ada keputusan dari Majelis Syuro terkait dukungan capres dan cawapres termasuk posisi Cak Imin. Meski demkikian, PSK pernah ada kesepakatan dengan PKB soal koalisi semut merah.

"Ya alhamdulillah jadi memang kita menanti Majelis Syuro. Kalau kamu ingat PKS yang pertama membuat semut merah, jadi kita ahlan wa sahlan dengan Muhaimin, nggak ada beban," kata Aboe di Jakarta, Senin, 4 September 2023.

Aboe menjelaskan, koalisi semut merah adalah wacana yang sempat muncul pada Juni-Juli lalu Inisiatornya adalah PKS dan PKB. Namun, koalisi ini tak bertahan lama karena saat itu PKB memilih bergabung dengan Partai Gerindra. Namun kini PKB merapat ke kubu Anies.

Baca juga
Ternyata Ini Alasan PKS Tak Hadiri Deklarasi Anies Baswedan-Cak Imin

Menurut Aboe, kehadiran Cak Imin dapat memberikan suara di daerah di mana perolehan suara Anies masih rendah.

"Apalagi Muhaimin bisa menutupi daerah yang tidak dimiliki PKS banyak, jadi kita bisa saling mengisi, jadi ahlan wa sahlan, kita engga ada beban untuk kita," kata Aboe.

"Sampai saat ini ndak ada (keberatan dengan Cak Imin), di tingkat pimpinan saya belum denger, tidak ada, nggak tahu dengan konstelasi politik di Majelis Syuro perkembangannya seperti apa kita nggak tahu," katanya.

PKS pun sudah meminta maaf karena tidak hadir dalam deklarasi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Surabaya pada Sabtu, 2 September 2023.

Baca juga
Politisi Nasdem Ahmad Sahroni Mau Polisikan SBY, Tapi Dilarang Surya Paloh dan Anies

"Tadi disampaikan Presiden PKS bahwa mekanisme di dalam PKS itu adalah keputusan penting tentang capres atau cawapres bukan hanya sekarang aja tapi yang lalu juga. Kita bawa ke majelis syuro," ujar Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf di DPP PKS.

"Majelis syuro ini mewakili seluruh perwakilan se-Indonesia di seluruh kader di Nusantara. Membawa masukan dari seluruh kader. Jadi kita menghormati apa yang sudah diputuskan oleh NasDem dan PKB. Tapi kami perlu sesuai dengan prosedural organisasi membawa itu dalam majelis syuro," imbuhnya.

Artikel lainnya: Atraksi Sembur Api, Wajah Pesulap Limbad Terbakar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait