Klaim Bisa Bikin China Bergetar di Natuna, Prabowo Andalkan Frigate

  • Arry
  • 18 Sep 2021 23:28
Frigate tipe Arrowhead 140 dari Inggris(Babcock International/Babcock International)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjawab ancaman kapal perang China yang mondar mandir di Laut Natuna. Prabowo akan mengandalkan kapal perang canggih jenis Frigate tipe Arrowhead 140 dari Inggris.

"Frigate adalah jenis kapal perang ringan dengan kecepatan tinggi dan kemampuan manuver yang dilengkapi teknologi militer canggih terkini," kata Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangannya, Sabtu, 18 September 2021.

Menurut Dasco, Frigate tipe Arrowhead 140 buatan Inggris adalah kapal perang ringan tercanggih. Kapal ini dipersenjatai rudal-rudal antipesawat, juga torpedo antikapal selam. Sehingga dapat memberikan pertahanan terhadap ancaman dari udara dan laut.

"Kapal ini juga punya kemampuan untuk menjadi kapal induk mini bagi helikopter angkatan laut baik untuk misi antar jemput personel, maupun misi penyelamatan SAR Search and Rescue," jelasnya.

Dasco menjelaskan, dalam kesepakatan antar Prabowo dan Angkatan Laut Kerajaan Inggris, nantinya akan memberikan alih teknologi pada PT PAL produsen kapal laut Indonesia untuk bisa memproduksi ratusan bahkan ribuan Frigate.

"Yakinlah angkatan laut China akan gemetar melihat Frigate tipe Arrowhead 140 berpatroli di lautan Indonesia, dan akan berpikir dua kali untuk wara wiri di lautan Natuna lagi."

Untuk diketahui, Badan Keamanan Laut baru-baru ini melaporkan ada ribuan kapal asing mondar mandir di Laut Natuna. Kapal-kapal itu bukan hanya berasal dari China, tapi Vietnam yang berusaha mengambil ikan di perairan Indonesia.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait