5 Fakta Tewasnya Ali Kalora, DPO Teroris Paling Dicari di Indonesia

  • Arry
  • 19 Sep 2021 11:18
Ali Kalora, pentolan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) tewas ditembak(ist/ist)

Ali Kalora, pentolan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) tewas ditembak Densus 88. Ali Kalora ditembak mati dalam kontak senjata di Desa Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu, 18 September 2021.

Selain Ali Kalora, Densus 88 juga menembak mati anggota MIT lainnya, Jaka Ramadhan. Jenazah Ali Kalora dan Jaka kini sudah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Polri untuk diidentifikasi.

MIT merupakan kelompok teroris yang sudah diburu sejak 2016. Mulai dari operasi militer bernama Operasi Tinombala hingga berubah menjadi Operasi Madago Raya.

Berikut 5 Fakta Tewasnya Ali Kalora:

1. Dikonfirmasi Menko Polhukam Mahfud MD lewat Twitter

"Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora yang pernah menggegerkan karena menyembelih banyak warga dengan sadis di Sulteng, setelah buron hampir setahun, hari ini ditembak mati oleh Densus AT/88. Ia ditembak bersama seorang anak buahnya yang bernama Ikrimah. Masyarakat harap tenang," cuit @mohmahfudmd.

2. Ali Kalora penerus Santoso

Ali Kalora merupakan pentolan MIT, penerus Santoso yang telah ditembak mati pada 2016. MIT diketahui terafiliasi terhadap ISIS. Bersama Santoso, Ali Kalora pernah membunuh tiga warga sipil dan seorang polisi.

3. Penggal kepala warga

Ali Kalora dan MIT pernah melakukan pembunuhan terhadap satu keluarga di Dusun Lepanu, Sigi, Sulawesi Tengah, pada November 2020. Dia bahkan pernah memenggal sejumlah warga di perkampungan. Insiden ini sampai menarik perhatian Presiden Joko Widodo.

4. Sisa 4 Anggota MIT

Dengan tewasnya Ali Kalora dan Jaka Ramadhan, kini anggota kelompok teroris MIT yang tersisa tinggal 4 orang. Mereka adalah Askar alias Jaid alias Pak Guru, Nae alias Galuh alias Mukhlas, Suhardin alias Hasan Pranata, Ahmad Gazali alias Ahmad Panjang. 4 Anggota MIT itu masih buron hingga saat ini.


5. Barang yang Dibawa Ali Kalora saat Ditembak Mati: Bom hingga Senjata M16

Saat Ali Kalora tewas ditembak Satgas Madago Raya menemukan sejumlah barang di sekitar lokasi tewasnya Ali. Barang-barang itu mulai bom hingga senjata serbu M16. Berikut daftarnya:

  • (1) Pucuk Senjata M16
  • (2) Hammelok
  • (2) Ransel
  • (1) Sikat gigi untuk senpi
  • (1) Bom tarik
  • (1) Bom bakar.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait