KPK Temukan 12 Senjata Api di Rumah Menteri Syahrul Yasin Limpo, Polda Turun Tangan

  • Arry
  • 29 Sep 2023 20:23
Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian yang juga politisi Partai Nasdem(bpmi setpres/setkab.go.id)

Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan belasan senjata api atau senpi di rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Kasus ini pun dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri, menjelaskan, 12 pucuk senpi itu ditemukan saat tim KPK menggeledah rumah dinas Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan. Penggeledahan dilakukan terkait kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

"Apakah betul ada senpi? Kami jelaskan bahwa kami sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah DKI Jakarta, tentunya terkait dengan temuan yang ada dalam proses penggeledahan yang dimaksud," kata Ali Fikri di Jakarta, Jumat, 29 September 2023.

Ali tidak menjelaskan jenis senpi yang ditemukan. Dia menegaskan, tim dari Polda Metro Jaya akan meneliti senpi-senpi tersebut.

Baca juga
Usai Geledah Rumah Syarul Yasin Limpo, Kini KPK Geledah Kementerian Pertanian

"Karena sekali lagi apa yang berikutnya kami lakukan analisis adalah yang berkaitan langsung dengan perkara yang sedang kami tangani," pungkas Ali.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisno Andiko, mengakui telah menerima 12 pucuk senpi dari KPK.

"Benar, kita telah menerima titipan 12 pucuk senpi ya yang ditemukan oleh KPK," ujar Trunoyudo.

Trunoyudo menegaskan, saat ini masih melakukan penyelidikan terkait senpi titipan KPK dari rumah Mentan SYL. Hal ini dilakukan untuk memastikan keabsahan dari senpi tersebut.

Bacajuga
Bendahara Nasdem Ahmad Sahroni Ungkap Mentan Syahril Yasi Limpo Jadi Tersangka KPK

"Sejauh ini masih didalami melalui Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya dan akan berkoordinasi dengan Baintelkam Polri," tuturnya.

"Kan masih pendalaman, kan harus dicek, nanti dulu, kita kan baru terima, itu dulu," lanjut dia.

KPK diketahui telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus korupsi di Kementan. Salah satunya adalah Syahrul Yasin Limpo. Meski demikian, belum ada keterangan resmi dari KPK soal status dari politisi Nasdem tersebut.

Artikel lainnya: Viral Calon Tamtama TNI Jago 4 Bahasa Asing, KSAD Jenderal Dudung: Masuk Bintara Saja

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait