Jabatan Luhut Tambah, Kini Ketua Tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia

  • Arry
  • 20 Sep 2021 16:04
Presiden Joko Widodo dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan(ist/setkab)

Jabatan Luhut Binsar Pandjaitan semakin panjang. Kini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu diberi jabatan baru oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Ketua Tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Jabatan ini diamanatkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang ditandatangani pada 8 September 2021.

Jabatan ini memperpanjang jabatan yang dipegang Luhut saat ini. Selain menjadi Menko Maritim dan Investasi, Luhut juga menjadi Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Prioritas Nasional. Jabatan ini baru diamanatkan pada awal Agustus 2021.

Baca Juga:
Jabatan Luhut Tambah, Kini Jadi Ketua Dewan Penyelamat Danau

Luhut juga saat ini masih menjabat Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP PEN) dan Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali. Dia juga pernah menjadi Satgas Covid-19 di 9 provinsi prioritas.

Selain itu, Luhut juga masih menjabat Ketua Umum PB persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) periode 2021-2025.

Dalam jabatan yang baru sebagai Ketua Tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Luhut akan dibantu Wakil Ketua yang terdiri dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Gubernur Bank Indonesia, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan.

Ketua harian nantinya akan diisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sementara Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, sebagai wakil ketua harian. Sedangkan anggota tim diisi hampir seluruh menteri dan kepala badan.

Tugas tim ini adalah untuk meningkatkan jumlah UMKM. Selain itu Tim Luhut ini juga harus memastikan peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal.

Selain itu, Tim Luhut diminta meningkatkan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan, serta percepatan siklus ekonomi lokal.

Mengenai banyaknya jabatan yang disematkan ke Luhut, dia pernah disebut sebagai 'Menteri Segala Urusan'.

“Itu haknya orang berpendapat seperti apa, yang penting tugas saya bisa diselesaikan atau tidak. Saya pikir selama ini semua yang diperintahkan oleh Presiden (Jokowi) tak ada yang tak bisa saya rampungkan,” kata Luhut saat wawancara dengan Najwa Shihab beberapa waktu lalu.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait