Syahrul Yasin Limpo Ajukan Pengunduran Diri ke Setneg, Temui Jokowi Besok

  • Arry
  • 5 Okt 2023 20:27
Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian yang juga politisi Partai Nasdem(bpmi setpres/setkab.go.id)

Syahrul Yasin Limpo mengantarkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian. Surat diajukan ke Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Syahrul Yasin Limpo datang ke Sekretariat Negara ditemani Menteri Lingkungan Hidup yang juga rekannya di Partai NasDem, Siti Nurbaya, Kamis, 5 Oktober 2023.

Sekitar 30 menit di Setneg, SYL akhirnya keluar bersama Siti Nurbaya. Dia mengakui telah menyerahkan surat pengunduran diri untuk Presiden Jokowi lewat Pratikno.

"Saya sore ini datang meminta waktu Pak Presiden dan diberi kesempatan melalui Mensesneg Pak Praktik untuk menyampaikan usul dan pengunduran diri saya sebagai menteri," kata SYL.

Baca juga
Sopir Mentan SYL Dipanggil Polisi Kasus Pemerasan Pimpinan KPK, Ini Kata Kapolri

"Alasan saya adalah ada proses hukum yang saya hadapi dan saya harus siap hadapi secara serius. Walaupun saya berharap jangan ada stigma menghakimi saya dulu, karena tentu biarkan proses hukum berlangsung dengan baik dan saya siap hadapi," tambah SYL.

Sementara itu Pratikno menyatakan sudah menerima surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo. Rencananya, politisi NasDem itu akan bertemu Jokowi pada Jumat, 6 Oktober.

"Nanti kami akan sampaikan ke presiden. Beliau minta waktu rencananya besok akan menghadap pak Presiden, memohon waktu kepada Pak Presiden menghadap besok," ujar Pratikno.

Baca juga
Mahfud MD Sebut Mentan Syahrul Yasin Limpo Sudah Jadi Tersangka, KPK Masih Bungkam

Usai menerima surat pengunduran diri, Mensesneg akan menunggu arahan dari Presiden untuk menerbitkan Keppres pemberhentian SYL sebagai Mentan. Setelah itu, Presiden juga akan segera mencari penggantinya.

"Nanti saya menunggu arahan bapak Presiden kemungkinannya adalah tentu karena sudah mengundurkan diri akan diterbitkan keppres pemberhentian dan tentu saja kita harus mencari orang yang melaksanakan tugas sebagai menteri pertanian," jelas dia.

Artikel lainnya: Hotman Paris Ungkap cara Bebaskan Jessica Wongso dari Kasus Kopi Sianida

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait