Survei Charta Politika: Ganjar-Mahfud 36%, Prabowo-Gibran 34%, Anies-Cak Imin 24%

  • Arry
  • 6 Nov 2023 20:36
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo(ist/ist)

Lembaga Survei Charta Politika merilis survei elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pilpres 2024. Hasilnya, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengungguli dua pesaingnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Survei Charta Politika ini digelar pada 26-31 Oktober 2023 dengan melibatkan 2.400 responden. Para responden dipilih secara acak atau multistage random sampling di 38 provinsi.

Metode survei dilakukan wawancara secara tatap muka. Adapun margin of error survei +/- 2% dengan tingkat kepercayaan survei 95%.

Dalam surveinya, Charta Politika melontarkan pertanyaan: 'seandainya pemilihan presiden dan wakil presiden dilaksanakan hari ini, pasangan manakah yang akan bapak/ibu/saudara pilih?'.

Berikut ini hasilnya:

  • Ganjar Pranowo-Mahfud Md 36,8%
  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 34,7%
  • Anies Baswedan-Cak Imin 24,3%
  • TT/TJ 4,3%

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyoroti perbedaan tipis antara Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran.

"Tidak terlalu jauh berbeda, Ganjar dan Mahfud ada di 36,8 persen, Prabowo dan Gibran ada di angka 34,7 persen, Anies dan Cak Imin ada di angka 24,3 persen, jadi ada selisih sekitar 2,1 persen kalau kita lihat," kata Yunarto.

Artikel lainnya: Nyatakan Dukung Prabowo-Gibran, Bobby Nasution Menantu Jokowi Dipanggil PDIP

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait