Heboh Anak BEM UNY Diduga Lecehkan Mahasiswi Baru

  • Arry
  • 10 Nov 2023 19:23
ILustrasi Pelecehan(@Anemone123/pixabay)

Beredar kabar kasus dugaan pelecehan di Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY yang dialami mahasiswi baru. Pelaku diduga adalah pengurus Badan Ekseutif Fakultas MIPAA UNY atau BEM FMIPA UNY.

Kabar tersebut merebak di akun media sosial X, @UNYmfs. Postingan itu juga melampirkan foto tangkapan layar sebuah percakapan.

"Aku ga nyangka kuliah di /uny malah direndahin kaya gini... Jadi aku maba dan kenalan sama kating ini dari bulan Februari, waktu itu kenal karena acara fakultas. Kukira dia baik, ternyata dia cab*l, aku udh dilecehin sama dia dari Oktober, sampe sekarang," tulis postingan yang kini telah dihapus.

Ketua BEM FMIPA UNY, Doni Setyawan, membenarkan salah satu pengurus yang dituduh diduga melakukan pelecehan terhadap mahasiswi baru.

Baca juga
Alami Pelecehan Usai Manggung, Penyanyi Nadin Amizah: Aku Tak Terima Badanku Disentuh

"Untuk yang tertuduh itu memang pengurus BEM seperti yang informasi beredar," kata Doni saat ditemui wartawan, di FMIPA UNY, Jumat, 10 November 2023.

"Informasi yang ada di medsos itu masih bias sehingga perlu adanya konfirmasi, klarifikasi dan lainnya biar untuk keputusan itu bisa dikatakan lebih fair," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumber Daya FMIPA UNY, Ali Mahmudi, mengaku masih mengumpulkan informasi.

"Sampai saat ini kami masih mencari informasi terkait itu, dan apapun kebijakan keputusan, tindaklanjut harus berdasarkan informasi yang valid. Sementara informasi yang diperoleh di medsos tidak bisa dijadikan dasar karena memang terbatas, dan kemudian sudah hilang kabarnya," kata Ali.

Baca juga
Ketua BEM UI Ngaku Diintimidasi Usai Demo MK: Keluarga dan Guru Didatangi Aparat

Ali menjelaskan, dari klarifikasi itu dia belum menemukan bukti adanya chat seperti yang beredar di media sosial.

"Kami tidak menemukan apapun dan kami harus melindungi siapapun, kehormatan (siapapun)," katanya.

"Saya belum bisa membuktikan (fitnah atau bukan). Tapi kalau ada indikasi itu (kekerasan seksual) bisa saja kami bertindak, koordinasi dengan tim UNY menindaklanjuti dalam rangka melindungi mahasiswa kami," ucapnya.

Baca juga
Heboh 2 Pelaku Pelecehan di Universitas Gunadarma Diminumi Kencing, Ini Kronologinya

Terduga pelaku, MF juga buka suara soal tuduhan yang beredar di media sosial.

"Adapun atas tuduhan tersebut saya merasa sangat dirugikan, dan saya siap menempuh jalur hukum dan pada orang yang melakukan tuduhan tersebut," kata MF.

"Untuk tuduhan-tuduhan tersebut seperti yang saya bilang mau dilakukan seperti apa silakan, cek hp saya maupun apa silakan ini dicek tidak ada chat apapun yang saya hapus silakan diperiksa," ujarnya.

Artikel lainnya: Pengendara Lexus Berplat Kedubes Irak Tabraki 4 Pejalan Kaki di Koja

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait