Kronologi Tungku Smelter PT ITSS di Morowali Meledak, 51 pekerja Jadi Korban

  • Arry
  • 24 Des 2023 14:59
Tungku smelter milik PT ITSS di Morowali, Sulawesi Tengah meledak(ist/ist)

Tungku smelter pabrik pengolahan nikel milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) meledak, Minggu, 24 Desember 2023. Sebanyak 51 pekerja menjadi korban. Ini kronologinya.

PT ITSS adalah salah satu pabrik pengolahan nikel yang beroperasi di Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah.

Akibat ledakan itu, 12 pekerja tewas. Korban tewas terdiri dari 7 pekerja Indonesia dan 5 pekerja asing. Sementara 39 pekerja mengalami luka ringan dan berat.

Berikut kronologi tungku smelter nikel PT ITSS meledak seperti dikutip dari keterangan PT Indonesia Morowali Industrial Park atau PT IMIP.

05.30 Wita

Ledakan terjadi skeitar pukul 05.30 Wita. Saat itu, sejumlah pekerja tengah memperbaiki tungku dan pemasangan pada bagian tungku.

Baca juga
Tungku Smelter Pabrik Nikel PT ITSS di Morowali Meledak, 51 Orang Jadi Korban

Dari investigasi awal, ledakan diduga disebabkan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan. Saat proses perbaikan tersebut, terjadi ledakan.

Sementara di lokasi banyak terdapat tabung oksigen yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan komponen tungku. Tabung-tabung itupun menjadi pemicu ledakan di sekitar area tersebut.

09.10 Wita

Kebakaran tungku smelter berhasil dipadamkan. Dari identifikasi awal, 12 pekerja tewas dan 39 pekerja mengalami luka bakar.

Artikel lainnya: Heboh Denny Sumargo Ucap Kalimat Syahadat, Resmi Mualaf?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait