Canda Cak Imin Soal SGIE yang Ditanya Gibran: Sego Goreng Iwak Endog

  • Arry
  • 25 Des 2023 11:25
Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka saat Debat Cawapres 2024(kpu/youtube)

Cawapres nomor urut 01, Muhaimin Iskandar, kembali menyinggung soal SGIE yang dilontarkan Gibran Rakabuming Raka saat Debat Cawapres 2024. Cak Imin ternyata memiliki istilah tersendiri soal SGIE tersebut.

Saat Debat Cawapres, Gibran melontarkan pertanyaan soal posisi Indonesia dalam SGIE atau State of the Global Islamic Economy. Pertanyaan itu membuat Cak Imin bingung. Namun kini dia menemukan arti baru dari SGIE.

"Itu ternyata singkatannya adalah Sego Goreng Iwak Endog (nasi goreng telur)," kata Cak Imin di Semarang, Minggu, 24 November 2023.

Cak imin kemudian menyatakan, tidak merasa terjebak atas pertanyaan SGIE dari Gibran. Menurutnya, pertanyaan dengan menggunakan istilah adalah hal yang sah saja dilontarkan. Namun, tiap pertanyaan harusnya memberikan sustansi.

Baca juga
Eks Timses Akui Trauma Taktik Jokowi Gunakan Istilah Singkatan Asing

"Nyatanya saya jawab bagus kan soal bank syariah, soal ekonomi berbasis halal kan itu saya jawab bagus jawaban saya," kata Cak Imin.

Untuk diketahui, saat Debat Cawapres Gibran Rakabuming Raka bertanya langkah Cak Imin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE.

"Terus terang saya tidak paham SGIE. SGIE itu apa?" jawab Cak Imin.

Namun, pihak moderator tidak memberikan kesempatan bagi Cak Imin untuk meminta kejelasan soal pertanyaan dari Gibran tersebut.

Gibran kemudian memberikan penjelasan. Putra sulung Presiden Jokowi itu menjelaskan, SGIE adalah State of Global Islamic Economy. Menurutnya, istilah ini harusnya dimengerti Cak Imin karena Indonesia sedang fokus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

Baca juga
Imin Jelaskan Alasan Dulu Tumpengan dan Sekarang Tolak IKN

"Misalnya sekarang, yang sudah masuk 10 besar adalah makanan halal kita, skincare halal kita, fesyen kita," ujar Gibran. "Maaf ya, Gus, kalau pertanyannya agak sulit."

usai mendapat penjelasan, Cak Imin pun menyatakan bahwa isu tersebut penting karena Indonesia memiliki basis penduduk Islam terbanyak di dunia. Indonesia juga tidak hanya menjadi pasar ekonomi syariah, pasar pariwisata halal, pasar bank syariah. "Tapi, punya potensi menjadi pusat ekonomi syariah dunia," kata Cak Imin.

Karena itu, butuh langkah-langkah agar peringkat Indonesia di SGIE bisa naik. Pertama, menyiapkan seluruh perangkat regulasi untuk menumbuh kembangkan seluruh industri halal di Indonesia. "Termasuk untuk sertifikasi murah,bahkan gratis. Terutama bagi UMKM kita," kata Cak Imin.

Artikel lainnya: Promo Tiket Masuk Taman Safari Bogor Selama Libur Nataru, Gratis Seluruh Wahana

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait