Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran teratas, AMIN Tinggalkan Ganjar-Mahfud MD

  • Arry
  • 29 Des 2023 20:32
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo(ist/ist)

LSI Denny JA kembali merilis survei elektabilitas capres-cawapres Pemilu 2024. Hasilnya, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih yang teratas.

Surei LSI Denny JA digelar pada 17-23 Desember 2023 terhadap 1.200 responden yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah yang memiliki hak pilih. Survei dilakukan dengan menggunakan multi-stage random sampling.

Survei LSI Denny JA menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode tatap muka dengan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9 persen. Survei juga dilengkapi dengan riset kualitatif.

Berikut Hasil Survei LSI Denny JA:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 43,3 persen
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 25,3 persen
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD 22,9 persen
  • Suara tidak sah 0,6 persen
  • Tidak jawab/tidak tahu 7,9 persen

Baca juga
Survei CSIS: AMIN Jauh Ungguli Ganjar-Mahfud, Prabowo-Gibran Teratas

Direktur Konsultan Citra Indonesia-LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, menyatakan, jika Pilpres terjadi dua putaran, maka pasangan yang pasti lolos adalah Prabowo-Gibran. Sebab prosentase sudah melebihi 33,3 persen.

"Statement ini sebetulnya bukan statement pertama yang kami sampaikan, bahwa awal November 2023 kami sampaikan ketika temuan survei kita pasca pendaftaran waktu itu kami sudah menyatakan pasangan Prabowo-Gibran punya potensi lolos ke putaran kedua," kata Adjie dalam rilis survei yang disiarkan YouTube LSI Denny JA, Jumat, 29 Desember 2023.

"Data di akhir Desember ini menunjukkan, mengkonfirmasi temuan kita sebelumnya bahwa Prabowo-Gibran jika Pilpres diadakan 2 putaran, maka pasangan yang lolos ke putaran kedua karena angkanya sudah melewati batas minimal untuk lolos ke putaran kedua yaitu itu angka 33,3 persen," imbuhnya.

"Pasangan yang lain juga dalam posisi yang sama ya, kalau kemudian 2 putaran maka Pak Anies dan Cak Imin itu membutuhkan suara tambahan 8 persen lagi untuk bisa lolos ke putaran kedua. Sementara Ganjar-Mahfud itu butuh kurang lebih 10 persen lagi untuk bisa lolos ke putaran kedua," katanya.

Artikel lainnya: Resep Risoles Ayam Jamur, Camilan Nikmat Disantap Akhir Pekan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait