Menyala Abangku! Jay Idzes Bek Tangguh Anyar Timnas Indonesia Bikin Vietnam Anyep

  • Arry
  • 22 Mar 2024 10:38
Jay Idzes, bek tangguh Timnas Indonesia(pssi/pssi.org)

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan saat menjamu Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2026. Salah satu pemain yang tampil paling menyala adalah Jay Idzes, pemain debutan yang baru saja mendapat status sebagai WNI. .

Timnas Indonesia vs Vietnam digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis, 21 Maret 2024. Indonesia menang 1-0 atas Vietnam lewat gol tunggal Egy Maulana Vikri.

Pertahanan Indonesia dalam duel itu mendapat sorotan sebab mampu membuat penyerang Vietnam frustasi. Berdasarkan data statistik, Vietnam hanya mampu melakukan dua tembakan saja dan tidak ada yang mengarah ke gawang Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong pun memuji penampilan Jay Idzes. DIa juga menyoroti aksi Nathan Tjoe-A-On yang juga melakukan debut membela Indonesia pada laga tersebut.

Baca juga
Timnas Indonesia vs Vietnam, Gol Tunggal Egy Menangkan Garuda

Jay Idzes bermain penuh selama 90 menit dalam laga tersebut. Sedangkan Nathan hanya 45 menit saja.

"Jay dan Nathan dua-duanya baik. Jay terlihat sangat bagus dan Nathan hanya main satu babak, dan dia juga baru datang sehingga masih harus beradaptasi dengan cuaca di sini. Intinya mereka main bagus," ujar Shin Tae Yong dalam sesi konferensi pers setelah pertandingan.

Jay Idzes tercatat melakukan beberapa kali clearance dan tiga kali blok. Selain itu, dia juga beberapa kali memenangi duel melawan penyerang Vietnam.

Jay pun mengomentari aksi debutnya berseragam timnas Indonesia.

"Ya sangat baik. Saya sangat senang meraih kemenangan di pertandingan pertama saya," kata Jay Idzes.

"Jadi sekarang waktunya untuk melanjutkan hasil positif ini," ucap pemain Venezia FC tersebut.

Baca juga
Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Resmi Jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia

"Saya sangat senang meraih kemenangan di pertandingan pertama saya. Jadi sekarang waktunya untuk melanjutkan hasil positif ini," ujarnya.

Profil Jay Idzes

Jay Idzes lagir di Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000. Dia memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek-neneknya.

Bakat Jay di bidang sepakbola mulai terlihat sejak usia 7 tahun. Dia pun mulai bergabung klub amatir di kota kelahirnanya, SC Brabant.

Bermain apik di klub Brabant, Jay Idzes dilirik oleh pencari bakat klub top Belanda, PSV Eindhoven. Selama 3 tahun dia menimba ilmu di klub tersebut.

Jay pun memulai karier profesionalnya dari PSV Eindhoven. Setelah itu, Jay membela klub Belanda lainnya Go Ahead Eagles. Performanya yang ciamik membuat dirinya dilirik klub Serie B Italia, Venezia.

Bersama Venezia, Jay Idzes rutin menjadi andalan dan dimainkan penuh. Tercatat Jay Idzes membela Venezia sebanyak empat kali di Serie B dan satu kali di Coppa Italia.

Artikel lainnya: Hujan Deras, Kawasan Kelapa Gading Jakut Dikepung Banjir Hingga 40 Cm

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait