Indonesia vs Guinea: Kalah 0-1, Garuda Muda Gagal ke Olimpiade Paris

  • Arry
  • 9 Mei 2024 22:33
Timnas U-23 Indonesia(pssi/pssi.org)

Timnas U-23 Indonesia gagal meraih tiket ke Olimpiade 2024 Paris usai dikalahkan Guinea. Garuda Muda kalah tipis 0-1 dalam laga yang diwarnai drama diusirnya pelatih Shin Tae Yong.

Duel Indonesia vs Guinea di playoff Olimpiade 2024 digelar di Stade Pierre Pibarot, Paris, Kamis, 9 Mei 2024 malam. Indonesia tumbang lewat gl tunggal yang dicetak dari titik penalti.

Pertandingan langsung berlangsung sengit. Indonesia dan Guinea saling berganti serangan.

Indonesia memiliki peluang usai mendapat tendangan bebas. Bola diumpan ke Witan Sulaeman. Namun umpan Witan ke tengah kotak penalti langsung dihalau bek Guinea.

Menit ke-29, Guinea mendapatkan penalti. Hukuman ini diberikan usai Witan melakukan pelanggaran terhadap Algassime Bah.

Ilaix Moriba yang ditunjuk menjadi algojo berhasil menjebol gawang Indonesia. Mantan pemain Barcelona itu melepaskan tendangan kencang ke tengah gawang. Guinea unggul 1-0.

Indonesia memiliki kesempatan membalas. Sebuah aksi Marselino Ferdinan yang melakukan cut-in. Sayang tembakannya melebar dari gawang.

Di akhir babak pertama, Guinea nyaris menggandakan keunggulan. Bah berhasil memanfaatkan blunder dari Nathan Tjoe-A-On dan langsung berhadapan dengan kiper Ernando Ari. Namun, Ernando sukses memblok tembakan itu.

Babak pertama Indonesia vs Guinea berakhir dengan skor 0-1.

Di babak kedua, Indonesia meningkatkan ritme serangan. Namun Guinea melancarkan serangan-serangan balik yang cepat.

Menit ke-73, Guinea kembali mendapat penalti. Hukuman diberikan usai Alfreandra Dewangga melakukan pelanggaran ke Bah.

Dewangga dan seluruh pemain Indonesia sempat memprotes keputusan wasit. Hal ini lantaran Dewangga berhasil melakukan sapuan bersih ke bola sebelum pemain Guinea terjatuh.

Pelatih Shin Tae Yong pun juga melontarkan protes keras ke wasit. Tindakan STY ini berujung mendapat kartu merah dari wasit.

Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae Yong diusir wasit usai menerima kartu merah lantaran memprotes keputusan penalti yang diberikan ke Guiena (tangkapan layar fifaplus.com)
Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae Yong diusir wasit usai menerima kartu merah lantaran memprotes keputusan penalti yang diberikan ke Guiena (tangkapan layar fifaplus.com)

Meski diusir dari lapangan. Shin Tae Yong sempat masih belum mau keluar lantaran kesal dengan keputusan wasit. Hal ini membuat pertandingan sempat tertunda beberapa menit. Namun akhirnya STY mau keluar lapangan usai diminta wasit asisten wasit.

Pertandingan berlanjut dengan tendangan penalti untuk Guinea. Kali ini Bah yang ditunjuk sebagai eksekutor. Namun, Guinea gagal memaksimalkan penalti keduanya ini. Tendangan Bah melebar ke sisi kanan gawang Ewrnando.

Indonesia kemudian terus melancarkan serangan ke pertahanan Guinea. Namun sejumlah peluang gagal diakumulasi menjadi gol.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 0-1 untuk kemenangan Guinea. Indonesia gagal meraih tiket terakhir ke Olimpiade Paris 2024.

Hasil ini memastikan Guinea lolos ke Olimpiade 2024. Mereka akan berada satu grup dengan Prancis, Amerika Serikat, dan Selania Baru.

Susunan Pemain

Indonesia U-23: Ernando Ari, Muhammad Ferarri, Komang Teguh (Alfreandra Dewangga 51'), Nathan Tjoe-A-On, Bagas Kaffa, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Jeam Kelly Sroyer (Sananta 60'), Rafael Struick, Witan Sulaeman

Guinea U-23: Soumaila Sylla, Ibrahima Diakite, Saidou Sow, Mohamed Soumah, Maadiou Keita, Issiaga Camara (F. Camara 66'), Aguibou Camara, Ilaix Moriba, Ousmane Camara, Algassime Bah, Facinet Conte (Soumah 46')

Artikel lainnya: Mercedes Benz Tabrak Avanza Hingga Innova di Medan, 2 Orang Jadi Korban

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait