Kronologi Logistik Ducati Tiba Hingga Dibongkar Ilegal di Sirkuit Mandalika

  • Arry
  • 12 Nov 2021 10:22
Oknum diduga panitia otak-atik motor Ducati Panigale milik tim Aruba,it Racing Ducati(ist/ist)

Perhelatan World Superbike atau WSBK di Mandalika tercoreng. Oknum tak bertanggung jawab diduga membongkar kargo motor Ducati di Sirkuit Mandalika. Oknum itu juga membuat konten dari motor tersebut.

Bagaimana kronologi kargo milik tim Aruba.it Racing Ducati bisa dibongkar di Sirkuit Mandalika?

WSBK Mandalika akan digelar 19-21 November 2021. Ini merupakan seri terakhir dari ajang Superbike 2021.

Meski perhelatan akbar WSBK Mandalika masih berlangsung pekan depan, namun kebutuhan logistik tim peserta sudah berdatangan sejak Selasa, 9 November 2021.

Baca Juga
Kasus Pembongkaran Kargo di Mandalika, Ducati Sebut Indonesia Tertinggal 40 Tahun

Direktur Strategis dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy K Harinto, menjelaskan, kebutuhan peserta WSBK datang bergelombang baik lewat jalur udara maupun air. Logistik tiba dari Qatar dan langsung menuju Lombok.

Logistik yang datang antara lain motor pembalap, spare part motor, alat telekomunikasi, peralatan Media TV dan peralatan video, serta material lain.

Kedatangan logistik ini juga mendapat pengawalan ketat dari aparat gabungan Polres Lombok tengah.

Setelah tiba di Lombok, logistik kemudian dipindahkan dengan pengawasan dari Bea Cukai.


Bea Cukai Bongkar Kargo Motor

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro, mengakui pihaknya membongkar logistik motor tim peserta WSBK Mandalika yang sudah tiba di Lombok. termasuk kargo motor milik tim Racing Ducati.

"Pemeriksaan fisik atas barang impor dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan (Pasal 3 UU Kepabeanan No 17 Tahun 2006)," kata Sudiro, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 11 November 2021.

Sudiro menjelaskan, pemeriksaan kepabeanan dilakukan sesuai aturan. Pembongkaran kargo disaksikan pihak terkait seperti oleh kuasa pemilik barang atau pihak lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.

Bea Cukai Mataram memeriksa kargo tim peserta WSBK Mandalika

"Importir atau kuasanya menyiapkan barang untuk diperiksa, mengeluarkan kemasan di bawah pengawasan pejabat Bea dan Cukai, dan membuka kemasan yang akan diperiksa," ucapnya.

Baca Juga
Bea Cukai Buka Suara Soal Bongkar Kargo Motor Ducati WSBK Mandalika

Memang, berdasarkan aturan, pihak yang berhak mengotak-atik barang logistik termasuk motor adalah Bea Cukai dan tim yang bersangkutan.

Namun, hanya satu hari sejak kedatangan logistik motor Ducati, beredar cuplikan video dan foto seseorang mengotak-atik motor milik tim Aruba.it Racing Ducati.

Keterangan Bea Cukai Soal bongkar Motor Ducati

Ada sosok berkemeja putih yang membuka kotak kargo motor Ducati Panigale. Selain itu, ada juga seorang dengan kemeja hitam bercorak kuning berfoto dengan properti miliki Ducati.

Bea Cukai menegaskan, tidak terlibat dalam pembongkaran kargo seperti yang viral di video yang beredar. "Sementara itu, dokumentasi lain yang beredar bukan diproduksi oleh Bea-Cukai," kata Sudiro.

Baca Juga
Panitia WSBK Mandalika Lokal Bantah Bongkar Kargo Tim Ducati

Direktur Eksekutif WSBK, Gregrio Lavilla, meminta maaf atas insiden tersebut. Dia menegaskan, telah memecat karyawan yang membuka kargo secara ilegal tersebut.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku unit usaha dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang memiliki bisnis utama mengelola dan mengoperasikan Sirkuit Mandalika juga meminta maaf atas insiden tersebut.


Selanjutnya Oknum pelaku meminta maaf >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait