Panitia WSBK Mandalika Lokal Bantah Bongkar Kargo Tim Ducati

  • Arry
  • 11 Nov 2021 15:36
Denah Sirkuit Mandalika, Lombok(motorcyclenews/motorcyclenews.com)

Kasus pembongkaran kargo motor tim Ducati jelang perhelatan World Superbike atau WSBK Mandalika membuat heboh. Padahal kargo berisi motor peserta WSBK itu hanya boleh dibuka Bea Cukai dan tim peserta.

Muncul tudingan, oknum yang bongkar kargo motor tim Ducati tersebut adalah panitia lokal WSBK Mandalika. Oknum tersebut belakangan sudah dipecat.

Dilansir dari CNNIndonesia, Head of Operation and Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dyan Dilato, menyatakan orang yang membongkar kargo motor Ducati bukanlah bagian dari panitia pelaksana.

"Itu oknum [pelaku unboxing motor peserta WSBK] yang memalukan. Bukan dari panitia," kata Dyan kepada CNNIndonesia, Kamis, 11 November 2021.

Baca Juga
Panitia Super Bike Mandalika Bikin Malu Indonesia, Properti Ducati Dibongkar

Kasus ini mencuat setelah media asing, Speedweek mengungkapkan aksi memalukan yang terjadi mejelang WSBK Mandalika. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, 10 November. Dalam video yang beredar, tampak seorang staf sedang membuka kargo motor.

Boks tersebut berisi motor superbike Ducati Panigale V4 R milik pabrikan Aruba.it Racing-Ducati. Pada bagian kaca depan motor tertulis nama Rinaldi. Jadi dipastikan motor tersebut milik pembalap asal Italia, Michael Ruben Rinaldy.

Direktur Sport Ducati Corse Paolo Ciabatti marah besar atas insiden yang menimpa timnya. Mereka pun melayangkan protes ke pihak WSBK.

Untuk diketahui, kargo logistik peserta hanya boleh dibuka oleh otoritas kepabeanan setempat dan pemilik. Hal ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya spionase dan manipulasi dari pihak tak bertanggung jawab.

Baca Juga
Marc Marquez Alami Lumpuh Mata Usai Divonis Gegar Otak, Absen di MotoGP Mandalika?

Direktur Eksekutif WSBK, Gregorio Lavilla meminta maaf dan langsung mengambil tindakan tegas.

“Kami sungguh meminta maaf. Kejadian ini berada di luar kendali kami. Pegawai yang besangkutan sudah dipecat,” kata Lavilla dikutip Speedweek.

Kejadian ini tentu membuat malu Indonesia yang kembali menggelar balapan bertaraf internasional pertama setelah 24 tahun absen. Terakhir kali Indonesia menggelar Superbike terjadi pada 1997 di Sirkuit Sentul.

WSBK Mandalika dijadwalkan digelar pada 12-14 November 2021. Namun, balapan diundur menjadi 19021 November. Balapan ini menjadi pamungkas dari seri Superbike 2021.

Mundurnya jadwal Superbike di Sirkuit Mandalika karena faktor pengiriman barang logistik pembalap. Selain itu, pelaksanaannya juga agar tidak bersamaan dengan seri pamungkas MotoGP di Valencia.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait