Bea Cukai Buka Suara Soal Bongkar Kargo Motor Ducati WSBK Mandalika

  • Arry
  • 11 Nov 2021 18:41
Bea Cukai Mataram memeriksa kargo tim peserta WSBK Mandalika(@beacukaimataram/instagram)

Kargo motor milik tim Ducati di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dibongkar orang tak dikenal. Bea Cukai pun akhirnya buka suara soal pembongkaran kargo motor milik tim peserta.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro, mengakui melakukan pembongkaran terhadap kargo motor tim Ducati. Namun, pembongkaran tidak hanya dilakukan kepada tim Ducati, tapi ke seluruh tim peserta yang sudah tiba.

"Pemeriksaan fisik atas barang impor dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan (Pasal 3 UU Kepabeanan No 17 Tahun 2006)," kata Sudiro, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 11 November 2021.

Baca Juga
Panitia WSBK Mandalika Lokal Bantah Bongkar Kargo Tim Ducati

Sudiro menjelaskan, pemeriksaan kepabeanan dilakukan sesuai aturan. Pembongkaran kargo disaksikan pihak terkait seperti oleh kuasa pemilik barang atau pihak lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Importir atau kuasanya menyiapkan barang untuk diperiksa, mengeluarkan kemasan di bawah pengawasan pejabat Bea dan Cukai, dan membuka kemasan yang akan diperiksa," ucapnya.

Sudiro mengakui, ada dokumentasi Bea Cukai membongkar kargo milik tim peserta. Dan dokumentasi itu diunggah di akun Instagram resmi Bea Cukai Mataram.

Bea Cukai Mataram memeriksa kargo peserta WSBK Mandalika

Namun, mengenai pembukaan kargo Ducati yang viral, Sudiro memastikan, video tersebut bukan dibuat Bea Cukai.

"Sementara itu, dokumentasi lain yang beredar bukan diproduksi oleh Bea-Cukai," ujarnya.

Tim Ducati sebelumnya marah atas pembongkaran kargo motor miliknya. Pembongkaran itu viral dalam sebuah video di sosial media.

Baca Juga
Panitia Super Bike Mandalika Bikin Malu Indonesia, Properti Ducati Dibongkar

Media asing Speedweek menyatakan, kargo motor milik Ducati dibuka pekerja trek dari penyelenggara lokal Mandalika Grand Prix Association atau MGPA.

Direktur eksekutif SBK, Gregorio Lavilla, juga sudah meminta maaf atas peristiwa tersebut. Lavilla menegaskan, pekerja yang membuka kargo motor Ducati tersebut sudah dipecat.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait